Skincare Routine Empat Tahap untuk Kulit Iritasi

Kulit iritasi gara-gara mencoba produk baru? Inilah skincare routine empat tahap yang dapat mengatasinya!

Kerja di industri kecantikan memang ada banyak pros and cons. The pros? Saya bisa mencoba banyak produk baru. The downside to it? Nggak semua produk-produk baru ini akan cocok di kulit saya, dan banyak yang malah membuat kulit saya yang biasanya “badak” ini jadi iritasi. Well, memang salah saya sendiri juga sih, karena terlalu excited sampai nggak ingat untuk patch test dulu sebelum mencoba produk baru, hehehe smile emoticon

Baca juga: Ini Tanda-Tanda Kulit Iritasi Karena Skincare

Kalau mengalami iritasi gara-gara produk skincare, penting banget untuk skip eksfoliasi dan fokus ke skincare yang ditujukan untuk reparing dan menjaga moisture barrier kulit. Inilah skincare routine empat tahap yang biasa saya ikuti:

skincare routine kulit iritasi

  1. Double Cleansing

Saat kulit sedang “marah”, berarti waktunya kembali ke basic skincare routine. Untuk saya, double cleansing adalah skincare step yang wajib untuk memastikan bahwa kulit tetap bersih dan nggak ada kotoran atau debu tertinggal yang dapat membuat kulit lebih irritated. Dynamic duo favorit saya untuk tahap double cleansing adalah Heimish All-Clean Balm/ Banila Co. Clean it Zero Purity dan COSRX Low-pH Good Morning Gel Cleanser. Yang paling penting adalah menggunakan face wash yang gentle dan low-pH, supaya kulit nggak tambah kering dan iritasi tambah parah.

Baca juga: Penjelasan pH Balance dalam Skincare

  1. Toner

Mungkin banyak yang akan bertanya-tanya… Kenapa harus pakai toner? Saat kulit sedang iritasi, berarti moisture barrier kulit sedang terganggu. Karena itu, toner mempunyai peran penting dalam mengembalikan pH balance kulit supaya pelan-pelan moisture barrier dapat kembali ke kondisi semula.

Baca juga: Menjaga Moisture Barrier = Kulit Glowing dan Bebas Jerawat

Tapi, hati-hati dengan toner yang mengandung alcohol atau kandungan lain yang malah dapat membuat kulit tambah kering. Salah satu toner favorit saya adalah Klairs Supple Preparation Facial Toner, yang bebas dari alcohol dan fragrance. Toner ini juga mengandung banyak hydrating and soothing ingredients seperti centella asiatica dan ektrak aloe, dua kandungan skincare yang must-have saat kulit sedang iritasi!

  1. Moisturizer

Untuk menjaga moisture level kulit, moisturizing adalah tahap skincare yang paling penting. Pelembap favorit saya saat kulit sedang bereaksi adalah Benton Aloe Propolis Soothing Gel. Dengan kandungan aloe vera, propolis, chamomile, dan cucumber, hydrating gel ini memang dirancang khusus untuk menenangkan kulit sensitif dan iritasi.

  1. Face Mist

Step ini sebenarnya optional sih, tapi sangat membantu kalau di tengah hari, kulit tiba-tiba gatal atau merah-merah. Langsung saja semprot facial mist Avene Thermal Spring Water di wajah untuk menenangkan dan meredakan kemerahan secara instan. Consider it an emergency kit you can carry around anywhere!

Baca juga: 6 Rekomendasi Face Mist Sesuai Jenis Kulit

Nah, itulah skincare routine saya selama kurang lebih seminggu saat kulit sedang iritasi. Setelah kulit sudah kembali ke kondisi semula, baru saya balik lagi ke skincare routine biasa. Kalau kamu, ada routine khusus untuk mengatasi kulit iritasi nggak? Share dong! biggrin