Review Banila Co Clean It Zero Purity untuk Kulit Sensitif

Setelah lama penasaran, akhirnya saya nyobain juga Banila Co Clean It Zero Purity yang ditujukan untuk kulit sensitif ini. Berhubung pakai yang Clean It Zero Original nggak cocok, saya berharap banget sama Clean It Zero Purity!

Seperti yang bisa diduga, kandungan mineral oil dalam Clean It Zero Original ternyata bikin kulit saya bruntusan. Sempat mikir lama untuk mencoba Clean It Zero Purity, tapi setelah saya baca kalau formulanya nggak mengandung 5 bahan-bahan yang berpotensi bikin iritasi (artificial coloring, synthetic fragrance, alcohol, parabens, mineral oil) saya jadi semakin mantep untuk coba.

Here’s my take on this cult-favorite product:

SAMSUNG CAMERA PICTURES

SAMSUNG CAMERA PICTURES

SAMSUNG CAMERA PICTURES

SAMSUNG CAMERA PICTURESPackaging

Sama persis seperti Heimish Cleansing Balm, Clean It Zero Purity dikemas di jar plastik yang dilengkapi spatula di dalamnya.

Tekstur

Seperti biasa, cleansing balm ini saya pakai di kulit dalam kondisi kering. Teksturnya sedikit lebih lembut dibandingkan cleansing balm lainnya. Kalau Heimish dan The Body Shop Chamomile Cleansing Butter nggak langsung melting di kulit, Clean It Zero Purity ini benar-benar langsung melting begitu diratakan ke wajah. Tadinya saya pikir teksturnya akan lebih oily karena kandungan essential oil-nya yang memang banyak, tapi ternyata nggak begitu terasa greasy di kulit. Wanginya juga cenderung netral, cuma sedikit ada bau-bauan herbal tapi nggak mengganggu sama sekali.

Baca juga: FD Beauty Directory: Belanja Makeup di Korea

Daya Bersih

Ini dia best part-nya: daya bersihnya ternyata oke banget! Apalagi teksturnya yang gampang meleleh juga bikin kita nggak perlu banyak-banyak menggunakan produknya. Bener-bener tinggal dicolek secukupnya pakai spatula yang ada, totol di spot-spot terpisah dan di-massage sampai makeup benar-benar hilang.

Nah, setelah pakai cleansing balm ini, saya nggak langsung bilas atau cuci muka, melainkan di-wipe lagi dengan kapas dan micellar water. Can you say it’s triple cleansing? Maybe. Dengan kulit saya yang acne-prone ini, saya nggak mau ambil resiko sisa-sisa minyaknya ketinggalan dan nyumbat pori-pori. Meskipun extra effort, tapi saya ngerasa lebih aman aja kalau diusap lagi dengan kapas setelahnya, dibanding langsung dibilas air.

Untuk makeup waterproof gimana? Saya pribadi memang nggak suka menggunakan cleansing balm untuk eye makeup karena nggak nyaman dengan sensasi produk “meleleh” di dekat mata saya. Jadi, saya fokus menggunakan cleansing balm untuk complexion dan urusan mata saya serahkan ke dedicated eye makeup remover. Dari beberapa review yang saya baca sih, ada yang bilang ini ampuh juga untuk waterproof eye makeup, tapi banyak yang prefer untuk menggunakan makeup remover terpisah juga.

Kesimpulan

So far Clean It Zero Purity adalah cleansing balm yang paling saya suka karena daya bersihnya yang paling baik. Apalagi cleansing balm ini juga nggak bikin kulit saya jadi merah atau bruntusan, terlepas dari kandungan essential oil-nya yang cukup banyak. Kalau kamu memang punya kulit sensitif yang acne prone, saya rasa cleansing balm ini relatif aman untuk dipakai. Mungkin bisa coba versi travel-size-nya dulu kalau belum yakin untuk beli yang full size. Overall, I think this product is worth the hype. 

Baca juga: 4 Makeup Remover Bagus dari Drugstore dan High-End