Beautypedia: Centella Asiatica, Jagoan Skincare Korea

Centella asiatica atau gotu kola extract banyak digunakan dalam skincare Korea karena kemampuannya yang bisa menenangkan kulit iritasi. Cocok banget untuk yang punya kulit sensitif atau acne-prone.

Sejak dulu, centella asiatica sudah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk menyembuhkan luka di kulit. Cara kerja centella asiatica adalah dengan mencegah enzim-enzim yang merusak kolagen, sembari mendorong regenerasi sel kulit sehat. Fungsi wound-healing centella asiatica membuat tanaman ini populer dalam produk skincare yang bisa digunakan untuk mengatasi over-exfoliation, sun damage, redness, jerawat, bekas jerawat, iritasi, dan masalah kulit sensitif lainnya. Nggak cuma itu, centella asiatica juga merupakan sumber antioksidan dan protein yang kuat.

Beautypedia- Centella Asiatica, Jagoan Skincare Korea body

Selain fungsi wound-healing-nya, alasan kenapa centella asiatica banyak direkomendasikan ke kulit berjerawat adalah karena kemampuannya untuk calming jerawat tanpa membuat kulit menjadi kering. Beda dengan obat jerawat pada umumnya seperti salicylic acid atau benzoyl peroxide yang memang punya efek samping mengeringkan kulit, centella asiatica lebih menargetkan ke mengurangi peradangan dibanding mematikan bakteri atau menguras minyak yang jadi sarang bakteri.

Dari review beberapa FD-ers yang sudah mencoba COSRX Centella Blemish CreamKlairs Midnight Blue Calming Cream, dan Zymogen Houttuynia Cordata Ferment Serum adalah tiga produk yang mengandung centella asiatica dalam jumlah signifikan ini bisa mengurangi cystic acne yang merah meradang. Walaupun bekerja dengan cara yang berbeda dengan obat jerawat, tapi skin-soothing properties-nya cukup membantu kulit sensitif untuk bebas jerawat tanpa efek samping. Bibit-bibit jerawat yang baru terasa memerah pun nggak jadi muncul.

Kalau kamu nggak terlalu tertarik dengan skincare Korea, ada pilihan skincare lain yang juga mengandung centella asiatica, seperti rangkaian L’Oreal Paris Revitalift Dermalift atau brand lokal Sensatia Botanicals, yang juga banyak mengandung centella asiatica dalam skincare-nya, terutama face wash.

Buat yang pernah punya pengalaman bagus dengan centella asiatica skincare, baik itu soal jerawat atau skin-damage lainnya, silakan share di comments, ya!