Tips Pede dengan Jerawat Tanpa Foundation

Sebelnya punya kulit acne-prone adalah hal sekecil apapun bisa men-trigger breakout di wajah. Entah itu begadang, stress, badan kurang sehat, kebanyakan makan junk food, kopi, dan segudang faktor lainnya.

Being an acne-prone girl since puberty, I must learn how to live with it. Kalau dibawa baper terus, saya percaya banget dengan rumus more stress = more acne. Jadi ya dibawa santai aja deh, toh seperti yang saya bilang di artikel ini, jerawat masih ada obatnya. Entah itu skincare OTC, obat dokter, ganti pola makan, ataupun masker kefir :D

Semakin ke sini, saya semakin bisa mengontrol diri untuk nggak “maksa” dandan full saat kulit lagi nggak oke. Setebal apapun foundation dan concealer-nya, kalau memang jerawatnya lagi parah ya dia nggak akan pernah tertutup dengan sempurna.

Jadi, sekarang ini saya lagi lebih sering bare-face (kalau lagi nggak ada acara penting atau harus keluar meeting), karena somehow, justru dengan membuat kulit terlihat polos dengan titik-titik pink-nya yang merajalela, saya jadi lebih santai karena nggak ngerasa harus nutupin apapun.

Baca juga: FD Experiment: 3 Hari Tanpa Makeup

Nah, supaya hari-hari bare-faced saya nggak berasa terlalu tersiksa, saya juga melakukan beberapa hal di bawah ini.

1. Moisturize!

Setelah rajin pakai pelembap, saya justru ngerasa minyak di kulit jadi lebih terkontrol. Nggak dikit-dikit pakai kertas minyak seperti dulu! Jadi, separah apapun jerawat yang lagi ada di kulit, pelembap tetap harus dipakai supaya kulit nggak dehidrasi dan bikin jerawat makin parah. Lagipula, kalau wajah dibiarkan polos begitu saja tanpa dikasih “shield” apapun, rasanya jadi semakin kucel.

2. Pakai Physical Sunscreen

Pada dasarnya, physical sunscreen memang lebih aman untuk kulit sensitif dibandingkan chemical sunscreen. Tapi, ada alasan lain kenapa saya jadi suka pakai physical sunscreen yaitu karena white cast-nya bisa sedikit menyamarkan bekas jerawat yang memerah dan sedikit memberikan efek brightening di wajah saya :D Hahaha, aneh banget memang, tapi sunscreen ber-white cast justru malah bikin kulit jadi nggak kelihatan kusam.

IMG_11783. Pakai Lipstick Bold

Menurut saya pribadi, lipstick nude baru bisa kelihatan maksimal kalau keseluruhan makeup-nya juga menunjang. Dalam kondisi bare-faced saat lagi mulus aja kayaknya pull-off lipstick nude, apalagi saat lagi jerawatan. Karena itu, warna lipstik yang paling banyak saya stok adalah warna-warna bold, entah itu warna berry yang keunguan atau merah dengan cool undertone. Sebisa mungkin saya menghindari warna-warna yang terlalu warm seperti coral atau warm red yang bisa bikin muka semakin memerah.

Apa trik kamu supaya bisa pede saat breakout tanpa bantuan foundation?