Memilih Sunscreen yang Cocok untuk Jenis Kulitmu

Pasti sudah tahu dong, pentingnya memakai sunscreen setiap hari. Tapi, sudah tahu cara memilih sunscreen yang cocok untuk jenis kulitmu belum?

Karena tinggal di negara tropis, efek buruk dari paparan sinar matahari sudah pasti sering kita dengar. The infamous UVA dan UVB dapat menyebabkan kulit terbakar, sun spots, sampai efek jangka panjang seperti penuaan dini dan bahkan kanker kulit. Karena itu, sunscreen harus digunakan setiap hari, regardless of your skin type.

Tapi, begitu mau memilih sunscreen, banyak yang masih sering bingung atau asal pilih. Hasilnya, sunscreen yang dipakai tidak cocok untuk kulit, dan jadinya batal pakai sunscreen deh. Sounds like a familiar scenario? Saya juga sering begitu, sampai sering gonta-ganti sunscreen, and now I have about 6 different ones that I never use rolleyes. Nah, untuk menghindari situasi seperti ini, berikut adalah beberapa tips memilih sunscreen dan rekomendasi produk untuk masing-masing jenis kulit.

Kulit berminyak

Yang mempunyai kulit berminyak pasti lebih hesitant untuk memakai sunscreen karena takut produk yang dipakai dapat membuat kulit lebih berminyak dan memicu jerawat. Jadi, penting banget untuk memilih sunscreen yang lightweight dan tidak greasy. Kalau bisa, pilihlah yang water-based. Salah satu favorit para FD-ers adalah Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF50+/PA+++, yang bertekstur ringan dan mudah menyerap ke dalam kulit. Rekomendasi lain dan my absolute favourite adalah The Face Shop Natural Sun Eco Sebum Control Moisture Sun SPF40, yang non-greasy dan dapat mengontrol produksi sebum di kulit, apalagi di T-Zone area.

sunscreen kulit berminyakKulit Kering

Buat kamu yang mempunyai kulit kering, carilah sunscreen yang cream-based, dan ada fungsi hydrating nya. Kandungan pelembap yang bisa ditemukan di sunscreen adalah oils, honey, natural extracts dan lanolin. Contohnya, COSRX Aloe Soothing Sun Cream yang dapat melembapkan kulit dengan kandungan aloe extract sambil menjaga kulit dari paparan sinar matahari. Kalau ingin menghemat, moisturizer yang mengandung SPF seperti Vaseline Total Moisture Aloe Fresh SPF 24 juga bagus untuk pemilik kulit kering.

sunscreen kulit keringBaca juga: 3 Pelembap dengan SPF dari Drugstore

Kulit Kombinasi

Sunscreen yang bagus untuk kulit kombinasi harus mencakup semuanya. It has to be lightweight, non-greasy, tapi juga hydrating dan tidak membuat kulit lebih matte. Salah satu sunscreen bagus untuk kulit kombinasi adalah Shiseido Ultimate Sun Protection Lotion, yang sudah pernah direkomendasi Mbak Affi, so you know that this product has to be really good. Sunscreen lain yang juga nggak kalah bagus adalah Neogen Day-Light Protection Sun Screen, yang ringan dan dapat melembapkan kulit dengan kandungan honey, rose dan raspberry extracts.

sunscreen kulit kombinasiLihat juga: Skincare 101: Recommended Sunscreens

Kulit Sensitif

Untuk yang mempunyai kulit sensitif, prioritas utama adalah memilih sunscreen yang tidak akan menyebabkan breakouts. Biasanya, pelaku utamanya adalah fragrances, dyes (pewarna), alcohol, dimethicone, oxybenzone, dan Para-Aminobenzoic Acid (PABA). Lupakan semua chemical sunscreens, dan pilihlah mineral sunscreens yang mengandung zinc oxide dan titanium dioxide.

sunscreen kulit sensitifSalah satu sunscreen yang bisa kamu coba adalah Etude House Sunprise Mild Airy Finish. Ini adalah physical sunscreen yang diformulasikan khusus untuk kulit sensitif dengan bahan dasar yang 100% mineral. Bebas dari fragrance dan dyes, sunscreen ini juga mengandung aloe leaf juice yang dapat bantu menenangkan kulit. Tapi (ada tapinya nih), harus hati-hati juga karena sunscreen ini mengandung alkohol. Saat sedang research sunscreen untuk kulit sensitif, I realize that it’s quite difficult to find one that has absolutely no irritants cry. Kalau produknya tidak mengandung alkohol, nanti pasti ada fragrance nya. Kalau bukan fragrance atau alkohol, pasti ada dimethicone. Oh, the frustrations of having sensitive skin. Jadi, untuk kamu yang mempunyai kulit sensitif, tips paling penting adalah melakukan patch test dulu sebelum mencoba sunscreen apapun.

Semoga artikel ini bermanfaat ya. Kalau kamu, punya nggak sunscreen andalan yang belum disebut di artikel ini? Share disini dong! biggrin