FD Experiment: 3 Hari Tanpa Makeup

Nggak dandan malah bikin jerawatan? Simak pengalaman unik saya setelah tiga hari tampil tanpa makeup!

Setelah Dara “rajin” pakai pore pack, dan Ochell bereksperimen sama sheet mask selama seminggu, kali ini giliran saya jadi “kelinci percobaan”, dan saya memilih untuk nggak pakai makeup selama tiga hari. Dari pengalaman orang lain, atau eksperimen beauty editor media lain yang pernah saya baca, tampil polos selama beberapa hari either membuat mereka merasa empowered, atau justru gelisah. Of course, ini bagi mereka yang memang makeup-an cukup niat setiap hari.

Makeup saya ke kantor, sebenarnya berubah-ubah. Seringnya, saya cuma pakai bedak, maskara/eyeliner, lipstik, dan sekarang lagi suka pakai cream blush. Tapi ada kalanya saya bakal dandan full makeup (lengkap dengan bulu mata palsu) simply karena lagi pengen aja. Sampai kadang suka ditanya “Mau ke mana hari ini?”, padahal sih ya di kantor aja hahaha…

Baca juga: Inside Annetta’s Makeup Pouch- Editor’s Edition

review-estee-to-go-2Contoh makeuptemplate” saya ke kantor.

Ini dia pengalaman saya selama tiga hari nggak dandan. Yup, not even a single particle of pigment:

Day 1

Begitu turun dari Go-Jek terus ngaca di kamar mandi kantor, saya berasa kucel banget. Padahal kalau saya baru bangun tidur, lihat bare face di kaca itu saya justru ngerasa fresh dan cantik, lho.  Tapi begitu pakai baju lengkap dan hijab, terus keluar rumah, bare face ini rasanya jomplang aja dari baju yang rapi.

Muncul komentar dari temen kantor “Tumben bare face?” . Jadi, walaupun makeup saya biasanya nggak heboh, memang ketara banget ya perbedaannya, dan orang bakal notice that there’s something missing.

Day 2

Bangun tidur hari ini, ada beberapa whiteheads nongol di muka saya. Seriously, ini selalu kejadian kalau saya skip bedak saat keluar rumah. Dan sebelum eksperimen ini, saya udah memperkirakan bakal kejadian lagi. Aneh banget ya? Video Producer FD, Gyanda, kerut-kerut dahi pas saya cerita soal ini. Emang nggak make sense sih, tapi begitulah adanya.

Baca juga: 3 Penyebab Jerawat Nggak Kunjung Sembuh

Di hari kedua ini, saya masih ngerasa agak kucel, tapi lebih fokus lagi ke glow kulit saya. Enak banget ngeliatnya, kesannya lebih sehat ketimbang tampilan cenderung matte saat bedakan. Terus, enak aja rasanya nggak perlu ngaca untuk ngecek apakah perlu touch up bedak dan lipstik.

Day 3

Di hari ketiga, saya baru sadar kalau saya bukannya nggak mau tampil bare face. “Resah” saya yang memuncak di hari ini lebih karena kehilangan sebuah ritual di pagi hari. Getting my makeup done is a ritual that I enjoy; mulai dari tap-tap cream blush di pipi, tahan napas saat make eyeliner, sampe semprot-semprot parfum (walau abis itu nge-Go-Jek lagi, dan bau lagi). Tangan saya gatel banget pingin nyentuh brush, sampe akhirnya pagi ini saya menjepit bulu mata dan nyikat alis (padahal biasanya sehari-hari nggak ngalis). Tetap sah ya eksperimennya; nggak pakai makeup, kan? Hehehe.

Believe it or not, whiteheads di wajah pun bertambah di akhir hari ketiga ini. Thank God it’s the last day.

Kesimpulan

Soal whiteheads dan jerawat ringan yang muncul, saya cuma bisa dapet satu kemungkinan alasan: bedak selama ini justru berfungsi sebagai shield antara kulit saya yang clog prone ini dengan udara dan debu. Apakah saya merasa empowered dengan tampil bare face? Sesaat sih iya. Apalagi sebagai orang yang sempat suka pakai eye makeup heboh untuk ngalihin perhatian orang dari pipi yang penuh jerawat, ya jelas seneng bisa di tahap bare faced without worry.

Tapi, jujur, saya ngerasa lebih PD saat pakai sedikit makeup. I think simply because I love makeup, dan seperti yang saya bilang, it has become a part of me. Nggak dandan di pagi hari, rasanya kayak  ada yang kurang.

Saya yakin kok, bagi yang cuma makeup kalo kondangan dan biasa tampil polos, disuruh eksperimen tiga hari full makeup juga pasti gelisah dan merasa keluar dari comfort zone. So I say, do whatever you love, and whatever boosts your confidence. Boleh nggak suka dandan, but as I say in every FD Goes to Campus, suka nggak suka, setiap cewek tetap harus bisa dandan dan rajin pakai skincare!

Mungkin Alicia Keys merasa empowered dengan tampil bebas makeup, dan Demi Lovato jadi inspirasi berkat post-post #nomakeupmonday-nya. But if you enjoy posting #fotd dengan makeup tiap hari, just do it!