banner-detik

acne blemishes

Update Pemakaian Tretinoin untuk Jerawat dan Bekasnya

seo-img-article

Udah lama nih, saya nggak update pemakaian tretinoin untuk jerawat dan bekasnya di muka saya. Setelah 8 bulan, ini hasilnya!

Recap sedikit, pertama kali saya pakai tertinoin itu Februari 2016 kemarin, untuk treatment jerawat dan bekas jerawat. Terakhir kali saya update, adalah setelah 12 minggu pemakaian, alias lima bulan yang lalu. Udah lama ya hihihi…

Nah, di update terakhir, kamu bisa lihat kalau bekas jerawat gelap jadi memudar banget. Masih ada, tapi bisa dilihat ya perbedaannya. Nah sekarang, setelah total delapan bulan pemakaian tretinoin untuk jerawat dan bekas jerawat, begini nih penampakan muka saya.

tretinoin-bekas-jerawat-review-1

Flawless banget sih nggak ya, tapi bekas jerawat udah samar banget. Banyak temen pun bilang, tekstur muka juga udah improve, dan overall skintone jadi lebih cerah. Dan yang lebih penting lagi buat saya, jerawat udah jarang banget muncul; bisa dipastikan jerawat baru nongol either kalau mau “dapet”, atau saya nakal coba-coba skincare yang parfumnya kenceng atau mengandung oil.

Muka saya juga udah nggak sekering dan gampang memerah seperti dulu. Satu perubahan yang saya lakukan dalam pemakaian tretinoin yang menurut saya membantu progress ini adalah, mengurangi frekuensi pemakaian. Sudah sebulan terakhir, saya nggak pakai tretinoin setiap malam, tapi selang-seling. Kadang, bahkan cuma setiap tiga hari. Mungkin karena ibaratnya sekarang saya udah tahap maintenance juga, ya. Kerasa banget, begitu pemakaian dikurangi, kulit saya jadi jauh lebih kenyal. Plan saya berikut, mau minta diturunin dosis tretinoinnya ke dokter, maybe ke konsentrasi 0,025 aja, yang biasa dipakai orang untuk perawatan anti-aging.

Buat kamu yang maih struggle dengan purging tretinoin, yang sabar ya! Memang nggak instan. Muka saya aja baru terasa stabil memasuki akhir bulan keempat. Selama kamu masih di bulan-bulan awal, dan wajah nggak iritasi parah, just bear with it! Apa sih bedanya purging dengan nggak cocok? Kalau purging, muka kamu siklusnya akan naik turun; muncul beberapa jerawat, hilang, muncul lagi, hilang lagi, sampai akhirnya stabil. Kalau muka kamu terus muncul jerawat, tambah besar-besar, kulit tambah merah, kering dan perih, dan nggak ada tanda perbaikan, bisa jadi kamu nggak cocok dengan tretinoin atau butuh dosis yang lebih rendah.

 

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment