FD Experiment: Memakai Pore Pack Selama 3 Hari

Saya yakin pasti hampir 100% pembaca Female Daily pernah mencoba nose pack seenggaknya sekali seumur hidup. Tahu kan, plester yang ditempel di hidung untuk mengangkat komedo itu?

Berbeda dengan waktu saya SMA dulu, pore pack yang ada zaman sekarang sudah lebih banyak macamnya. Mulai dari pore pack yang bentuknya dual sheet sampai yang memerlukan tiga step, basically semuanya mengklaim bahwa mereka bisa membersihkan whiteheads atau blackheads dengan efektif. Meskipun saya belum pernah menemukan pore pack yang bisa betul-betul membinasakan komedo layaknya exfoliating toner, tapi sensasi memakai pore pack dan melihat kotoran yang terangkat di lembarannya memang satisfying.

Penasaran dengan keefektifan pore pack, akhirnya saya kembali mencoba memakai pore pack andalan dari Biore, tapi kali ini saya menggunakannya tiga hari berturut-turut! Apakah efeknya bisa lebih maksimal daripada dipakai dua kali seminggu sesuai anjuran?

Ini kondisi hidung saya sebelum pemakaian pore pack. Seperti yang bisa dilihat, ada sedikit blackheads yang mengendap dan whiteheads di bagian kanan cuping hidung. Jangan salah fokus dengan alis berantakan, ya. I’ve been trying to grow them out. :D

Baca juga: 4 Produk Charcoal untuk Komedo dan Jerawat

Screen Shot 2017-02-27 at 10.49.37 PMHari Pertama

Masih kotor-kotornya, nih! Pore pack saya pakai kurang lebih sepuluh menit dan ditekan-tekan ke hidung. Setelah sepuluh menit berlalu, saat saya lepas ternyata kotoran yang terangkat hanyalah yang ada di bagian kanan hidung saya tadi. Sisanya? Hanya beberapa kulit kering yang terikut. No blackheads found!

Hari Kedua

Saat memegang hidung, saya merasa bahwa hidung saya terasa sedikiiiit lebih halus. Again, saya mengulangi step dan membasahi hidung sebelum akhirnya menempelkan pore pack, kali ini selama 15 menit. Setelah diangkat, voila! Lebih banyak kotoran yang terangkat dari kemarin dan efek mulusnya mulai merambah ke bagian pinggir hidung yang biasanya terasa paling kasar. Lumayan penasaran dengan hasil hari ketiga!

Hari Ketiga

Last day of this mini experiment. Saya tambahkan lagi durasi menjadi 20 menit, berharap kali ini si pore pack bisa mengangkat komedo lebih menyeluruh. Ketika diangkat, ternyata saya harus kecewa bahwa nggak ada perubahan apapun karena sepertinya hasilnya sudah mentok di percobaan kedua. Kondisi hidung saya tetap sama dan nggak ada whitehead maupun kotoran baru yang terangkat.

SAMSUNG CAMERA PICTURES

The Verdict

Setelah memakai pore pack selama tiga hari berturut-turut, bisa saya simpulkan kalau produk ini memang nggak bisa menangani masalah komedo secara maksimal. Kalau kamu memang mau membersihkan komedo sampai tuntas dan menyeluruh, bisa langsung saja coba BHA toner atau beli extraction tool sekalian dan ikuti cara ekstraksi komedo yang benar di Youtube. Bikin appointment di beauty clinic dan melakukan treatment ekstraksi di sana juga pasti jauh lebih maksimal hasilnya.

Tapi tentu semua hal ada plus-minusnya, seperti misalnya BHA toner bisa bikin iritasi kalau nggak cocok dan butuh waktu minimal dua minggu untuk memperlihatkan hasil, sedangkan ekstraksi manual butuh teknik yang tepat supaya nggak melukai diri sendiri. Treatment di klinik pun, walau hasilnya instan tapi butuh biaya yang nggak sedikit, jadi pilihannya agak terbatas buat kamu yang lagi on budget.

Lihat juga: Tips untuk Menghilangkan Komedo

So, kalau kamu ada acara penting dalam sehari-dua hari dan sedang mencari solusi supaya komedo agak terkontrol: pore pack lah jawabannya. Meskipun whiteheads yang terangkat cuma sedikit dan blackheads nggak terangkat sama sekali, kulit hidung bisa jadi lebih halus dan flaky skin di seputar hidung bisa terangkat. Foundation kamu pun nggak akan kelihatan ‘bergerinjil’ kalau dipakai di hidung. Consider it as an emergency kit! :)