Harapan Baru Female Daily di 2017

Banyak banget hal-hal baik yang terjadi di Female Daily Network tahun ini. Bergabungnya tim IT baru yang super kocak, banyaknya jumlah interns, dan jumlah subscribers YouTube yang terus meningkat adalah sebagian kecil dari highlights FD di tahun 2016 ini!

Screen Shot 2017-01-01 at 11.13.08 PMSebagai bagian dari editorial team yang bertanggung jawab atas konten-konten di Female Daily, saya pribadi tentunya senang banget akan milestones yang sudah dicapai selama satu tahun belakangan. Meskipun tantangan dan kesulitan pasti akan selalu ada, tapi saya sangat menikmati proses membuat konten blog ataupun video untuk seluruh FD-ers. Selalu seru mencari-cari ide bersama Netta dan Ochell tiap editorial meeting dan menebak-nebak, kira-kira apa ya, respon pembaca? Bakal banyak yang baca nggak ya, artikelnya?

Tanggapan dan respon-respon dari FD-ers tentunya selalu kita baca dan sebisa mungkin dibalas. Yang bikin senang adalah, kalau beberapa tahun lalu komentar di artikel FD nggak terlalu banyak, makin kesini artikel semakin ramai komentarnya. Pembaca juga jadi semakin kritis, terbuka untuk diskusi, dan nggak jarang kita sebagai penulis pun ikut mendapat pengetahuan baru dari komentar-komentar pembaca.

Antusiasme pembaca naik banget di artikel yang membahas tentang produk kosmetik lokal, seperti di artikel “Liquid Lipstick Lokal Mulai Naik Daun, Lalu Apalagi?”, “Makeup Lokal Nggak Akan Maju, Kalau…”, dan “Kenapa Brand Lokal Dinomorduakan?”. Which is good, karena saya dan tim FD lainnya pun sama excited-nya dengan kemajuan brand kosmetik lokal. Sama dengan kalian, tahun ini juga FD banyak banget kenalan dengan brand lokal baru, bahkan beberapa brand sempat memberikan bocoran tentang produk yang akan dikeluarkan tahun 2017 nanti! Tenang aja, saat produknya sudah sampai di kantor FD, you’ll be the first to know!

Selain antusiasme (dan optimisme) FD-ers yang terus bertambah terhadap brand kosmetik lokal, satu hal lagi yang saya notice adalah banyak yang sudah move on dari teori-teori kecantikan yang misleading seperti memilih warna foundation harus lebih terang dari warna kulit asli! Hahaha, mungkin karena faktor efek muak dengan iklan krim pemutih abal-abal di Instagram kali, ya. Di video Tips Memilih Warna Foundation pun, banyak subscribers yang menulis kalau yang sering menjerumuskan mereka untuk membeli warna foundation yang nggak cocok justru adalah beauty beauty assistant-nya! 

Seenggaknya, dengan menolak disodorkan warna foundation yang keputihan, secara nggak langsung kita sudah menggalakkan kampanye “cantik itu nggak harus putih”. Sama aja dengan beauty standards lain, kalau semua foundation atau bedak diciptakan hanya supaya orang kelihatan putih, atau skincare hanya didesain buat orang yang kulitnya sudah mulus dari sananya, kebayang nggak betapa membosankannya beauty industry nanti? :D

Di luar dua hal itu, yang saya dan teman-teman FD lihat juga perempuan zaman sekarang sudah jauh lebih pintar dalam memilih dan mencari produk kecantikan yang cocok untuk mereka. Hal sesederhana membaca ingredients di belakang kemasan, mencari info yang akurat tentang produk terkait, dan research tentang bahan-bahan yang terkandung di dalamnya akan menjadikan kamu sebagai smart buyer. Shoutout to video-video Skincare 101 with Affi Assegaf, yang sudah banyak membantu kita belajar lebih banyak tentang skincare!

Saya percaya, kebiasaan untuk kritis dalam memilih produk yang kita pakai sehari-hari juga bisa berdampak pada hal-hal lainnya. Seperti yang kita tahu, berita hoax nggak cuma ada di dunia politik aja, tetapi juga di industri kecantikan. Female Daily selalu berusaha memberikan informasi tentang dunia kecantikan berdasarkan fakta yang akurat, jadi jangan takut kalau suatu hari nanti kamu melihat artikel FD yang nggak jelas sumbernya. It’s not going to happen, we assure you!

Harapannya, semoga tahun ini akan jadi tahun yang menyenangkan untuk keluarga besar FD, baik dari tim internal, juga member aktif maupun non-aktif. Semoga brand kosmetik lokal maju terus, wajah-wajah beauty influencer lokal semakin bertambah, dan FD tetap jadi rumah yang nyaman untuk semua beauty enthusiast dari berbagai background.

Sekali lagi, senang banget rasanya bisa sharing dan berbagi informasi dengan semua FD-ers, baik dari artikel, video, maupun sekedar berbalas comment di Instagram. Saya sudah bisa prediksi kalau tahun 2017 ini bakalan jauh lebih seru dari tahun lalu, so let’s fasten our seatbelt and enjoy this new ride!

Sementara itu, boleh lho, share di bawah ini, kira-kira konten tentang apa yang mau kamu lihat lebih banyak di Female Daily? Terus, ada nggak artikel yang jadi favorit kamu selama tahun 2016 kemarin? Tulis jawabannya di comment box, ya!

Here’s to more exciting adventures in 2017! :)