3 Tips Foundation di Kulit Perawatan Jerawat

Salah satu dilema kulit yang lagi menjalani acne treatment adalah kulit kering, dehidrasi, dan kadang bikin foundation susah nempel. Supaya foundation tahan lebih lama, berikut tiga tips yang bisa dilakukan.

Masa-masa downtime saat perawatan jerawat memang nggak enak. Sekalipun jerawat aktifnya sudah hilang, kulit yang kering, memerah, dan mengelupas adalah efek samping yang membuat aplikasi foundation jadi kayak mimpi buruk! Pakai foundation apapun seolah serba salah:

Foundation matte

(+) tahan lama

(+) mengontrol minyak

(-) menonjolkan dry patches

(-) membuat wajah semakin terasa kering

Foundation dewy

(+) melembapkan kulit

(+) membuat complexion terlihat sehat dan nggak flat

(-) lebih mudah luntur

(-) terlalu berminyak

So, apa yang harus dilakukan?

1. Moisturize & Prime Well

Langkah pertama yang harus dilakukan, apapun foundation yang kamu pakai setelahnya, adalah membuat kulit jadi selembap mungkin. Kamu bisa menggunakan pelembap yang agak rich ataupun hydrating moisturizer. Kalau kulit jadi terasa becek atau lengket pun nggak apa-apa, karena ini untuk memastikan supaya kulit benar-benar terjaga kelembapannya, bukan dengan pelembap ringan yang langsung menyerap dan nggak meninggalkan “jejak”. Dengan melembapkan kulit sampai maksimal dan cenderung lengket, foundation menempel dengan baik, bahkan di area-area yang kering sekalipun.

Lihat juga: Memilih Tools Foundation untuk Kulit Acne Prone

3 Tips Foundation di Kulit Perawatan Jerawat

2. Campur Matte & Dewy Foundation

You’ll get the best of both worlds, foundation matte yang long-wearing dan tetap mengontrol minyak, tapi diimbangi dengan foundation dewy yang melembapkan dan bikin complexion terlihat sehat. Kalau nggak punya foundation dewy, bisa campurkan matte foundation kamu dengan face oil atau moisturizer. Supaya dua formula foundation ini tercampur dengan baik, kamu bisa tuangkan dulu keduanya di punggung tangan (atau mixing palette) dan usap perlahan, jangan ditotol terpisah di wajah. Untuk hasil yang lebih halus dan menyatu dengan kulit, saya suka menggunakan cushion puff sebagai aplikator.

Lihat juga: Tren Makeup 2018 Prediksi Female Daily

3. Semprot Face Mist

Trik tambahan supaya foundation menempel dan kulit nggak terlalu terserap oil-nya, semprotkan face mist di sela-sela aplikasi. After moisturizing, in between foundation layers, and after full-face application. Face mist-nya nggak harus setting spray, tapi lebih ke face mist yang melembapkan (cek rekomendasinya di sini) atau makeup spray biasa seperti produk lokal yang hits tahun ini yaitu Studio Tropik. Setelah disemprot, kipas-kipas sedikit supaya kulit nggak terlalu basah, lalu lanjutkan step makeup seperti biasa.

Lihat juga: FD Poll: Foundation untuk Kulit Berjerawat Terbaik?