banner-detik

foundation

Memilih Tools Foundation untuk Kulit Acne Prone

seo-img-article

Banyak yang bilang bahwa kulit acne prone sebaiknya jangan sering-sering pakai foundation. Apakah saya nurut? Oh, tentu tidak 😀

Buat yang kasus jerawatnya hormonal kayak saya, argumennya simple. Kalau kondisi badan lagi nggak oke atau lagi masa haid, jerawat akan tetap muncul, dengan atau tanpa kita pakai foundation. Di luar itu, saya setuju banget dengan kekhawatiran utama larangan ini, yaitu kalau foundation-nya nggak dibersihkan dengan baik, pori-pori bisa tersumbat dan malah mengundang lebih banyak jerawat.

Buat saya sih, yang penting sesuai keperluan aja. Kalau memang nggak ada tuntutan untuk pakai foundation setiap hari, pakai skincare dan bedak tabur saja rasanya cukup. Cuma kalau memang kondisi mengharuskan kita memakai full-coverage foundation, pastikan bahwa kita bisa menghapusnya sampai benar-benar bersih tanpa meninggalkan sisa di kulit.

Lihat juga: 4 Persepsi Salah Tentang Foundation

Nah, untuk foundation tools-nya sendiri, sebaiknya pakai apa di kulit acne prone?

oval brush

Untuk kulit yang masih ada jerawat meradang, baik yang memerah ataupun yang sudah ada matanya, sebaiknya hindari tools yang menggesek terlalu keras seperti oval brush. Nggak cuma oval brush, tetapi brush foundation lain yang kuasnya cenderung kasar pun sebaiknya dihindari karena gesekannya bisa memicu iritasi pada kulit yang sedang radang-radangnya.

Tapi kalau kamu sudah terbiasa memakai foundation brush, at least bisa lebih hati-hati di cara aplikasinya. Supaya gesekan pada kulit nggak terlalu keras, gunakan brush dengan gerakan tap-tap, jangan terlalu banyak digesek ke seluruh wajah. Apalagi kalau misalnya di kulit kamu masih ada jerawat yang matanya baru lepas, alias masih dalam kondisi “open wound”. Meskipun sebenarnya akan jauh lebih baik kalau untuk menjauhi foundation sama sekali saat ada jerawat yang dalam kondisi “open wound”.DSCF5925Lihat juga: 3 Tips Pakai Bedak Sebelum Foundation

Tools paling aman untuk memakai foundation? Saya sih vote untuk jari sendiri 😀 Meskipun memang diratakannya lebih lama dibanding kuas foundation atau spons, tapi dengan jari, aplikasi foundation akan lebih detail di area-area bermasalah yang susah dijangkau. Selain itu, dengan menggunakan jari kita bisa lebih mudah mengontrol pressure di jari supaya nggak terlalu keras menekan area-area jerawat.

Nggak nyaman memakai jari? Cushion puff yang lagi cukup tren bisa jadi alternatif kamu. Bantalan cushion yang empuk dan lebih lentur dibanding spons tentunya lembut dipakai di kulit yang sedang bermasalah. Apalagi cushion nggak terlalu menyerap banyak produk seperti spons, jadi nggak perlu khawatir coverage foundation akan berkurang.

Kalau sudah mantap dengan foundation dan tools pilihan, untuk tips menutupi jerawat bisa kamu tonton di tutorial berikut ini, ya. 😀

Slow Down

Please wait a moment to post another comment