Tips Menahan Diri Online Shopping Kosmetik

Sekarang ini, semakin susah menahan diri untuk nggak online sopping makeup ataupun skincare. Betul nggak?

Banyaknya brand luar yang dibawa online shop, tren jastip yang semakin menjamur, serta naiknya industri kecantikan secara umum membuat produk kosmetik lagi banyak banget dicari.

Tapi, kalau semua wishlist diturutin tentunya kantong bisa jebol. Di tengah-tengah ramainya dunia beauty saat ini, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menahan diri supaya nggak kebablasan online shopping terlalu sering dan boros. Semuanya terbukti ampuh, trust me! :D

Leave Cart Overnight

Strategi paling sederhana tapi manjur! Sama aja kayak kalau kita lagi di mall dan mau beli sesuatu tapi masih ragu, biasanya pasti saya tinggal makan atau jalan-jalan dulu. Kalau masih kepikiran banget, baru deh saya akan balik ke tokonya untuk berpikir lagi, itu pun belum tentu langsung beli.

Lihat juga: Tips Belanja Makeup Hemat

Jadi, kalau memang setelah dibawa jalan ternyata nggak kepikiran-kepikiran amat, artinya ya kita cuma laper mata aja. Sekarang pun cara ini saya terapin setiap belanja online, masukin aja dulu ke cart terus ditinggal tidur. So far, metode ini udah membantu banget untuk mencegah saya dari belanja-belanja impulsif yang nggak penting!

Sering Beberes

Percaya deh, keinginan kita untuk belanja macem-macem pasti otomatis ke-rem mendadak begitu ngeliat tumpukan produk di laci atau meja rias. Saya yang pada dasarnya bukan kolektor makeup aja kadang ngerasa mubazir sendiri kalau ngeliat produk yang belum banyak kepakai tapi udah deket tanggal kadaluarsanya. Biasain deh, cek-cek stok produk makeup atau skincare kita minimal dua minggu sekali. Sambil menyelam minum air, sambil beres-beres sekalian menyelamatkan isi dompet :D

Screen Shot 2017-08-01 at 9.38.00 AM

Beli Produk Share In Jar

Selain lebih hemat, kosmetik share in jar juga bisa menyelamatkan kamu dari reaksi iritasi kalau nggak cocok tapi terlanjur beli produk full size. Nggak cuma produk skincare aja, face primer atau foundation pun ada aja yang jual versi share in jar. Tapi, beli produk share in jar pun ada triknya supaya barang yang kamu beli terjamin higienitas dan shelf-life-nya. Cek tipsnya di artikel ini kalau kamu masih baru dalam dunia share in jar.

Eksplor Semua Pilihan

Naksir satu produk high-end tapi nggak kuat sama harganya? Coba cari alternatifnya di drugstore, entah itu exact dupe (!) atau sekedar formulanya yang mirip. Barangkali kamu bisa nemuin produk alternatif yang hasilnya beneran mirip, seperti makeup sponge lokal yang ngalahin Beauty Blender atau highlighter Australis yang hasilnya mirip banget sama Becca.

Lihat juga: Trend Anti Haul Bikin Hemat Belanja Makeup

Unfollow Akun IG

Langkah paling ekstrim untuk menekan shopping: unfollow akun Instagram langganan dan baru follow lagi kalau memang lagi butuh sesuatu. Serius deh, cara ini pernah saya terapkan sebulan dan hidup tenteram banget rasanya. Ya meskipun agak ribet kalau mau beli produk lagi, tapi seenggaknya dengan meminimalisir jumlah list online shop di daftar following, kita jadi nggak gampang tergoda.

Apa trik kamu supaya nggak keseringan belanja beauty products online? Share di comments, ya!