Trend Anti Haul Bikin Hemat Belanja Makeup

Sering gagal nabung karena racun belanja video Haul beauty vloggers? Coba nonton Anti Haul yuk!

Pasti udah nggak asing dong dengan video-video haul yang banyak seliweran di YouTube? Tapi in case kamu belum tahu, here’s the gist of it. Video haul adalah video yang dibuat beauty vloggers untuk kasih lihat borongannya saat belanja. Seringnya yang “dipamerkan” adalah produk makeup atau fashion terbaru, dan dibuat tiap awal bulan.

Sebenarnya mungkin video ini sarana sharing dan cara untuk lebih dekat sama viewers aja. Tapi karena sering pakai hiperbola kayak “OMG I am obsessed!” atau “Gila, bagus banget nggak ngerti lagi!” untuk komentarin suatu produk, pasti nggak jarang viewers yang jadi kena “racun” dan ikutan beli. Salah satunya yang pernah impulsive makeup shoppingYup, saya. Hehe

Nah, karena lama-lama merasa bersalah, saya mulai kurangin nonton video Haul dan pindah ke Anti Haul. Awal 2016, saya pertama kalinya nonton video Anti Haul buatan beauty vlogger/ drag queen Kimberly Clark, dan rasanya kayak disadarkan kalau saya punya kebiasaan buruk belanja makeup on impulse.

“Pencetus” video ini sebenarnya a small YouTube channel called Amber’s Beauty Chair, tapi dipopulerkan oleh Kimberly Clark yang udah punya subscribers lebih banyak. Sekarang trend Anti Haul ini lagi menjamur dan makin banyak beauty vloggers yang terinspirasi untuk buat juga.

Konsep Anti Haul kurang lebih sama dengan haul biasa yang memamerkan produk makeup dengan komentar penuh hiperbola. Bedanya di sini nggak ada barang yang dipamerkan (hanya foto) dan kalimat yang sering muncul adalah “I don’t need it and I’m not gonna buy it!”

Ini beberapa tips dari Kimberly Clark yang sering diulang di Anti Haul series-nya:

Lihat Koleksi Kita yang Udah Ada

Kadang godaan untuk beli produk makeup terbaru memang kuat banget ya. I totally get it. Tapi setiap kamu tergoda untuk beli eyeshadow palette terbaru misalnya, coba cek dulu koleksi kamu. Bisa jadi kamu udah punya yang mirip karena sebenarnya some palettes warnanya itu-itu lagi, hanya posisi di palette-nya aja yang diubah (Ehm, looking at you, Too Faced…). 

Jangan Beli Produk Hanya karena Murah atau Diskon

Dengan alasan harga yang murah atau lagi diskon, kita jadi suka kalap belanja makeup. Padahal kalau nggak diskon, nggak pernah kepikiran tuh beli produk itu. Been there, done that heheSekarang saya lagi semangat ikutin tips ini dan uangnya ditabung buat beli produk yang bener-bener perlu aja. Kimberly Clark bilang di salah satu videonya, “Being on sale is not the reason to buy something, being affordable is not the reason to buy something either.”

Gimmicky Products? Hard Pass!

Sekarang nggak kehitung deh banyaknya produk makeup yang gimmicky. Jiwa kepo kita pasti gatel pingin coba highlighter berbentuk mawar atau blush on yang wangi buah. Tapi perlu nggak sih produk-produk kayak gini? Kecuali pekerjaan kamu mengharuskan kamu coba macem-macem produk yang gimmicky unik, baiknya pikir-pikir lagi sebelum beli, terus mundur teratur. Apalagi kalau budget lagi tiris hehe.

Jangan Nafsu Beli Produk “Limited Edition”

Masih ingat waktu Becca Champagne Pop pertama rilis? Atau Too Faced Sweet Peach Palette? Everyone and their mothers saingan cepet-cepetan beli karena infonya produk ini limited edition. Nyatanya? Sekarang dua produk ini malah jadi permanent product tuh.

Nggak berhenti di situ, kalau kamu sering baca/nonton review produk yang limited edition, nggak jarang yang ternyata malah kecewa. Menurut Kimberly Clark, kadang produk limited edition, terutama holiday collection, kualitasnya lebih rendah dari produk permanen karena produsen nggak terlalu peduli dengan outcome-nya. By the time the disappointed reviews are up, produknya udah ludes karena orang-orang kemakan hype.

Nah itu dia beberapa tips yang bisa diambil dari trend Anti Haul. Kalau kamu penasaran, bisa langsung search aja di Youtube, pakai keywordAnti Haul”. Selamat nabung! :)