5 Tips Belanja Makeup dengan Hemat

Suka belanja makeup tapi nggak mau boros? Cobain deh tips-tips berikut ini untuk menghemat saat belanja makeup.

Makeup is every girl’s weakness. Apapun kondisi hidup kita, yang paling penting adalah kondisi makeup di wajah harus selalu sempurna, ya kan? wink Kita rela merogoh kocek (yang sudah hampir kosong pun) hanya untuk membeli pensil alis atau lipstick yang baru. Saya sendiri bahkan pernah menjalani diet, bukan untuk kurus, tapi demi menabung untuk eyeshadow palette yang sudah lama saya incar (NAKED Ultimate, why you gotta be so expensive?! mad).

Produk-produk makeup memang tidak selalu murah, and admit it, we are all the worst shopaholics when it comes to makeup. Jadi gimana sih caranya hemat kalau biaya belanja makeup itu selangit?

hemat belanja makeupFoto: Buzzfeed

1) Pilih Produk Multifungsi

Bukan hanya hemat biaya, produk multifungsi juga lebih praktis saat dibawa bepergian. Misalnya nih, kamu bisa membeli CC (Color Correcting) cream ber-SPF tinggi yang dapat berfungsi sebagai moisturizer dan sunscreen sekaligus. Atau, belilah eyeshadow palette dengan warna-warna yang juga bisa digunakan sebagai blush atau highlighter. Banyak juga Beauty Hacks yang bisa kita pelajari untuk menghemat uang makeup. Contohnya, tahukah kamu bahwa powder brush bisa digunakan sebagai contour brush, atau liquid lipstick bisa digunakan sebagai cream blush?

2) Coba Sample 

Salah satu cara untuk tidak boros uang makeup adalah simply mencoba sample sebelum membeli produknya. Jangan boro-boro langsung membeli produk yang sedang di-rave Youtuber favoritmu, atau yang lagi nge-tren di Instagram. Cobalah product sample yang tersedia di counter makeup terlebih dahulu untuk melihat apakah produk itu sebenarnya cocok untukmu. Don’t buy and then regret! Atau, biar bisa dipakai berkali-kali, untuk foundation atau skincare luar yang memang harus beli online, coba aja cari share in jar-nya dulu.

menghemat-budget-makeup-13) Online Shopping

Para FD-ers pasti sudah tahu kalau kebanyakan kosmetik yang dijual online bisa lebih murah daripada harga di toko. Apalagi produk buatan luar, harganya bisa sampai setengah apa yang dijual di Indonesia lho. Saya sendiri selalu membeli makeup Korea dari online shop karena harganya lebih terjangkau. But going back to the second point, sebelum online shopping, pasti sudah saya coba terlebih dahulu produknya (sample dari counter atau pinjem dari teman) jadi besoknya tidak akan menyesal. Karena sekarang banyak banget online shop palsu yang beredar, ingat juga ya untuk selalu memilih online shop yang sudah terpercaya.

Baca juga: 5 Rekomendasi Online Shop Terpercaya di Instagram

4) Menunggu Diskon

Kena racun lipstik baru yang review nya bagus dan kelihatannya cocok dengan warna kulitmu? Jangan langsung membeli, coba tahan dulu keinginanmu! There is a reason why “orang sabar disayangi Tuhan” lho razz. Kalau bisa sabar menunggu, biasanya diskon-diskon akan mulai muncul di akhir atau awal tahun, awal pergantian musim, dan hari-hari besar seperti ulang tahun brand tersebut. Contohnya nih, Harbolnas atau Black Friday adalah tanggal-tanggal yang bisa kamu catat di kalendarmu. Selagi diskon, manfaatkan kesempatan ini untuk mengincar makeup yang diinginkan. 

5) Belilah Produk Lokal

This is a no-brainer sih. Memang salah satu cara paling efektif untuk menghemat uang tanpa perlu kompromi kualitas makeup adalah dengan membeli produk brand lokal. Banyak kok produk lokal yang sudah menjadi dupe brands high-end, seperti Wardah eyeshadow Series G yang menjadi dupe Naked 2 Basics, atau Rollover Reaction ‘Lizzy’ yang menjadi dupe liquid lipstick Jeffree Star yang ‘Mannequin. Sekalian menghemat uang, kita juga ikut mendukung produk buatan lokal, so it’s a win-win situation!

Nah, itulah lima tips hemat untuk kalian pencinta beauty products. Jika dipraktekkan, your wallet will thank you endlessly. Apakah kamu ada tips sendiri saat belanja makeup? Share di sini yuk! biggrin