Perbedaan Cystic Acne, Whiteheads dan Blackheads

Masih susah membedakan cystic acne, whiteheads, blackheads, dan bingung cara mengatasinya? Ini panduan buat kamu.

Beda jenis jerawat, beda juga cara penanganannya. Berdasarkan pengalaman pribadi dan hasil nonton talkshow seputar jerawat bersama Affi Assegaf dan dr. Kevin Maharis di acara Jakarta X Beauty 2017 kemarin, dr. Kevin menegaskan kalau salah mengatasi jerawat akan menambah masalah lain. Karena itu, penting untuk mengenali jenis jerawat dan penanganan apa yang efektif untuk mengatasinya.

DSCF1224

Cystic Acne

Jerawat merah meradang yang bikin nyut-nyutan dan kayaknya nggak mempan ditotol obat jerawat. Cystic acne ini muncul ketika hormon mempengaruhi produksi minyak berlebih, sehingga minyak tersebut “membludak” di bawah kulit karena nggak bisa terdistribusi sempurna di pori-pori. Kelebihan inilah yang membuat pori-pori membengkak, radang, dan kadang berujung meninggalkan bekas kemerahan yang susah hilang. Cystic acne adalah salah satu jenis jerawat yang paling susah ditangani karena faktornya yang dari dalam tubuh, karena itu seringkali skincare OTC belum bisa mengobati secara ampuh.

Cara mengatasi: double cleansing, rutin eksfoliasi dengan toner BHA, konsul ke dokter kulit, suntik jerawat, minum pil penyeimbang hormon.

Whitehead

Whiteheads adalah jenis komedo yang memiliki “mata” berwarna putih dan berisi cairan putih atau bening. Biasanya jenis jerawat atau komedo yang memiliki whiteheads di atasnya bertahan sekitar satu-dua hari sebelum akhirnya komedonya keluar sendiri atau sengaja dipencet (guilty!). Jujur, meskipun saya selalu menghindari memencet jerawat yang sudah kelur matanya, tapi kadang gatel juga ingin cepat-cepat mengeluarkan isinya biar cepat kempes.

Cara mengatasi: double cleansing, memakai obat totol benzoyl peroxide, eksfoliasi dengan toner AHA,

Blackhead

Berbeda dengan whiteheads, blackheads adalah jenis pori-pori tersumbat yang atasnya menganga, sehingga kotoran bisa masuk dan membuatnya berwarna hitam. Nggak cuma foundation aja yang bisa oksidasi dan berubah warna, tetapi juga kotoran yang tersumbat di pori-pori. Meskipun biasanya blackheads nggak menonjol keluar, tapi bentuknya cukup mengganggu dan bisa mempengaruhi tekstur kulit. Apalagi warnanya yang gelap juga kadang membuat beberapa area wajah terlihat kusam.

Cara mengatasi: double cleansing, toner BHA, chemical peel di dokter, ekstraksi manual menggunakan extraction tool.