Langkah-Langkah Mencampur Foundation Salah Warna

Coba-coba mencampur  foundation yang terlalu gelap/ terang, tapi nggak bisa juga dapet warna yang pas? Coba step-step berikut.

Memilih warna foundation juga jadi tantangan tersendiri buat saya, terutama kalau membeli foundation dengan cara online. Walaupun sudah banyak panduan cara memilih warna foundation yang ditulis di berbagai beauty blog, tetap saja saya merasa kesulitan saat memilih warna foundation yang tepat. Seringkali foundation yang saya beli warnanya terlalu gelap atau malah terlalu terang.

Baca juga: Tips Memilih Foundation

cara mix foundation (3)

Karena sudah terlalu banyak foundation yang warnanya nggak cocok yang saya punya, akhir-akhir ini, saya mencoba menggunakan koleksi foundation saya dengan cara mencampurkan warna yang terlalu gelap dan terlalu terang, untuk mendapatkan warna foundation yang saya mau.

Mix and match foundation itu nggak aneh dan bukan sesuatu yang harus dihindari kok. Karena memang kan kulit manusia itu luas sekali range warnanya. Sementara brand kosmetik hanya mampu membuat beberapa warna foundation saja, nggak mungkin bisa mewakili semua warna kulit pengguna makeup. Tapi kalau kebetulan kamu menemukan foundation yang bisa match 100% dengan warna kulit aslimu, artinya kamu beruntung sekali. Seandainya Lancome Custom Made Foundation hadir di Indonesia dengan harga yang terjangkau, pasti senang sekali ya? :D.

Nah, saya punya beberapa tips untuk mencampurkan warna foundation.

cara mix foundation (1)

Gunakan Mixing Palette dan Spatula

Saya lebih suka mencampuran foundation dengan menggunakan mixing palette. Selain agar lebih bersih dan nggak “nyeplak” kemana-mana, cara ini saya pakai agar saya bisa melihat warna foundation yang sebenarnya. Kalau langsung dituang ke punggung tangan, biasanya warna foundation akan menyaru dengan warna punggung tangan saya, padahal warna kulit wajah dan punggung tangan saya berbeda. Itu menyebabkan saya nggak bisa dapet campuran warna yang pas untuk kulit wajah saya.

Perhatikan Undertone Kulit dan Foundation

Jangan cuma memperhatikan gelap atau terangnya foundation yang akan dicampurkan ya. Tapi perhatikan juga undertone foundation tersebut. Kalau kulitmu yellowtone, sebaiknya jangan menggunakan campuran foundation yang pink undertone ke dalam campuran foundation-mu. Begitu pula sebaliknya, untuk yang punya kulit pink undertone, lebih baik hindari foundation dengan yellow undertone.

Karena menurut pengalaman saya, saya nggak pernah bisa mendapatkan warna yang pas bila menggunakan foundation yang pink undertone sebagai salah satu campurannya, karena kulit saya memang yellow undertone. Jadi memang foundation yang salah undertone-nya, nggak bisa diselamatkan lagi. Lebih baik dihibahkan saja ke teman atau saudara yang lebih cocok :D.

Perhatikan Tekstur

Saya nggak suka dengan foundation yang terlalu thick dan memiliki hasil akhir matte. Makanya saya nggak pernah mencampurkan dua foundation yang sama-sama thick atau yang hasilnya sama-sama matte. Biasanya saya justru mencampur foundation dengan hasil akhir dewy, untuk lebih “menjinakkan” foundation yang matte finish. Kalau masih dirasa terlalu matte atau terlalu thick, boleh juga menambahkan face oil atau moisturiser ke dalam adonan foundation.

Mulai Dari Warna yang Paling Mendekati

Pilih satu warna yang paling mendekati warna kulit dari dua foundation yang akan di-mix, lalu tuangkan ke mixing palette. Baru kemudian tambahkan sedikit foundation yang akan dicampurkan. Aduk rata, dan cobakan ke area rahang. Bila dirasa masih kurang gelap/ terang, baru tambahkan lagi sedikit foundation yang akan dicampurkan. Cara ini dilakukan agar kita bisa mendapatkan warna yang benar-benar pas dengan kulit kita, dan agar tidak terlalu banyak foundation yang terbuang.

Kalau terlalu malas untuk mencampur-campur dua foundation setiap kali mau makeup, kita bisa lho mencampurkan satu kali saja, dengan dijadikan DIY Cushion Foundation.