DIY Cushion Foundation yang Pasti Cocok di Kulit

Punya cushion case yang sudah tidak terpakai? Jangan buru-buru dibuang! Kita bisa mengisinya kembali dengan DIY cushion foundation yang kita suka.

Saya punya love and hate relationship dengan produk BB Cushion. Di satu sisi, saya suka sekali dengan kepraktisannya, terutama pada saat saya sedang traveling. Saya juga suka aplikator atau puff dari BB Cushion yang lembut dan bisa meratakan BB cream atau foundation dengan cepat di kulit saya, tapi hasilnya tetap terlihat natural dengan coverage yang bagus. Terus kemasan BB Cushion Korea itu minta dikoleksi banget kan?

Baca juga: 5 Cushion Korea Paling Populer di Beauty Review

Tapi kulit saya saat ini memang sudah lebih gelap sekitar dua tingkat dari kulit saya dulu. Dan seperti yang sudah banyak diketahui, produk complexion dari brand korea kebanyakan pilihan shade-nya terang dan pinkish. Sekarang shade BB cushion yang saya punya nggak ada yang masuk dengan kulit saya. Lalu, ada formula beberapa merek BB Cushion yang nggak cocok untuk kulit saya, entah itu menyebabkan jerawat atau oxidizee setelah beberapa saat digunakan. Ya sama seperti produk makeup lainnya lah, ada yang cocok dan ada yang nggak cocok.

Oh…dan satu lagi yang bikin saya sedikit berpikir panjang saat mau membeli BB Cushion. Yaitu isinya sedikit, namun harganya lebih mahal daripada produk BB Cream atau foundation pada merek yang sama, yang isinya biasanya bahkan dua kali lipat lebih banyak.

Karena alasan-alasan yang saya sebutkan di atas, saya jadi terpikir untuk membuat sendiri BB Cushion dengan produk-produk yang saya punya. Dan karena saya lebih suka foundation daripada BB Cream, jadi saya akan membuat foundation cushion, bukan BB Cushion.

DIY cushion foundation (1)

Bahan yang dibutuhkan adalah:

Kemasan BB Cushion dengan disain yang kamu suka

Foundation yang biasa kita gunakan

Moisturiser atau face primer (optional)

Spatula atau pengaduk

Sebenarnya, cara ini hanyalah me-refill atau mengisi kemasan BB Cushion kosong dengan menggunakan produk-produk yang kita suka sih. Saya sendiri menggunakan kemasan Missha M Magic Cushion Moisture x Misshaxlinefriens Sally, yang kemasannya saya suka banget, tapi sayangnya nggak bisa saya gunakan lagi karena shade produknya yang terlalu putih dan keabu-abuan di kulit saya yang sekarang.

Keuntungan dari cara ini adalah cushion yang kita punya berisi produk yang memang sudah biasa kita gunakan, jadi sudah terbukti cocok untuk kulit kita. Shade-nya pun juga bisa disesuaikan. Untuk saya yang harus mencampur dua shade foundation agar menghasilkan warna yang pas di kulit saya, cara ini jelas sangat praktis, karena saya cukup satu kali saja mencampurkan dua warna foundation saat membuat foundation cushion ini. Nggak perlu lagi mencampur dua foundation setiap akan memakai.

Saya juga menambahkan Body Shop Vit C Glow Enchanter karena saya ingin foundation cushion saya nanti teksturnya nggak terlalu thick dan coverage-nya ringan saja. Kita juga bisa mencampur dengan moisturiser, face oil, liquid highlighter, atau produk apapun sesuai selera dan kebutuhan kita masing-masing, untuk mendapatkan formula produk yang kita inginkan.

Baca juga: 4 Cushion Matte dan Dewy Baru Wajib Coba

DIY cushion foundation (2)

Berikut cara mengisi cushion case dengan foundation:

Bongkar semua bagian cuchion case, dan cuci sampai bersih dari sisa-sisa produk sebelumnya.

Selain dicuci dengan menggunakan sabun, kalau perlu bersihkan juga dengan alkohol. Kalau malas dengan step ini, kita bisa juga membeli kemasan cushion case kosong. Cushion case set begini pernah saya lihat di Althea dengan harga Rp11.000,- saja.

Baca juga: Cara Mencuci Spons Cushion Agar Awet

Masukkan foundation dan produk lain yang ingin dicampurkan ke dalam cushion case.

Produk yang dimasukan minimal harus sepertiga dari tinggi case, dan maksimal setengah case. Tidak boleh kurang, karena produk akan susah menyerap ke bantalannya. Tapi juga tidak boleh berlebihan, karena ketika bantalan diisikan ke case, produknya bisa meluber.

Aduk sampai rata semua produk dengan menggunakan spatula bersih, lalu tutup dan diamkan sampai produk menyerap ke bantalannya.

Saya sendiri mendiamkan foundation cushion ini semalaman. Tapi sebenarnya didiamkan setengah sampai satu jam saja juga sudah bisa digunakan kok.

Setelah produk menyerap ke bantalan, produk siap digunakan!

Ketika pertama dibuka, bantalannya memang terlihat masih putih dan bersih. Tapi setelah ditekan dengan puff-nya, produk akan keluar dan siap digunakan!

Baca juga: 3 Rekomendasi Website Belanja Online Makeup Korea

DIY cushion foundation (3)
Nah, mudah kan cara membuat DIY cushion? Nggak perlu lagi merasa sayang karena harus membuang cushion case bekas yang lucu-lucu tapi sudah tidak terpakai. Selamat mencoba ya ;)