3 Tips Memilih Warna Foundation yang Cocok untuk Kulit Wajahmu

Warna foundation yang salah bisa membuat wajahmu terlihat gosong, atau putih seperti hantu. Bagaimana cara memilih warna foundation yang tepat supaya warna kulit terlihat rata? Ini tipsnya.

Salah satu kesalahan paling umum yang dulu sering dilakukan orang (termasuk saya) adalah mengoleskan foundation di punggung tangan. Hayo ngaku, pasti kamu juga pernah kan, mencoba teknik ini? :D

Tentu ini adalah cara yang salah, karena jelas-jelas warna kulit wajah dan punggung tangan kita berbeda. Foundation harus dicoba di wajah, dimana produk tersebut akan dipakai, karena itu dicocokkannya pun bukan di punggung tangan.

Sudah dicoba pakai di wajah, namun masih ragu? Nah, ada tiga hal yang harus kamu ingat saat mencoba makeup di counter. Dengan melakukan tiga hal ini, kegiatan foundation-matching kamu pasti akan jauh lebih mudah dan tidak membingungkan.

3 Tips Memilih Warna Foundation yang Cocok Di KulitFoto /wondersofbeauty.co.uk

1. Ketahui undertone kulitmu

Jujur, dari dulu saya paling bingung ketika disuruh menentukan undertone. Yang dimaksud dengan undertone adalah rona kulit yang terpancar dan biasa dikelompokkan menjadi tiga jenis, yaitu cool, warm, dan neutral. Dari situ, akan terbagi lagi warnanya menjadi warm-neutral, cool-neutral, cool-yellow, dan masih banyak lagi. Bingung? Saya juga!

Meskipun bingung, tapi penting sekali untuk kamu mengerti undertone kulitmu sebagai panduan untuk membeli foundation. Kamu pasti sudah tahu dong, menentukan undertone dengan cara melihat warna urat nadi? Kalau urat nadi terlihat berwarna biru, maka undertone kulitmu adalah cool. Jika terlihat hijau, maka undertone-mu adalah warm. Kalau terlihat biru kehijau-hijauan, atau hijau kebiru-biruan, maka kemungkinan undertone-mu adalah netral. Banyak yang bilang cara ini lebih tepat dilakukan untuk kulit Kaukasian, tapi menurut saya sah-sah saja dicoba.

Saya pernah membaca metode lain yang bisa dilakukan untuk mengetahui undertone kulit, terutama kulit Asia, yaitu dengan melihat bagaimana warna kulitmu terlihat ketika di foto. Cari fotomu yang diambil di bawah sinar matahari, lalu analisa apakah di situ rona kulitmu terlihat kuning, pink, atau bahkan agak kehijau-hijauan (olive)? Dari situ kamu bisa menentukan sendiri apakah kulitmu jatuh pada kategori warm, cool, atau kalau kamu beruntung, neutral!

Baca juga: 4 Rekomendasi Dewy Foundation dari Beauty Review

2. Cocokkan dengan leher

Salah satu trik yang paling sering saya dengar adalah mencocokkan warna foundation dengan mengoleskannya di daerah sekitar rahang. Saya pun dulu juga begitu, namun sekarang saya merasa cara yang lebih efektif adalah mencocokkannya ke daerah leher, terutama kalau kulit wajah berbeda dengan leher. Seringkali warna kulit kita lebih terang daripada warna leher, karena itu selain dicocokkan di leher, ada baiknya dicocokkan juga ke daerah dada.

3. Lihat warnanya di bawah sinar matahari

Terkadang, lighting di dalam department store atau toko terlalu terang atau berwarna kuning. Ini membuat warna foundation menjadi kurang jelas dan tidak bisa terlihat apakah warnanya sudah benar-benar “masuk” ke kulit kita. Karena itu, setelah mencoba warna foundation di wajah, coba deh, jalan keluar dan cari natural light. Better yet, take a selfie while you’re at it. Kamu jadi bisa mengira-ngira seperti apakah warna foundationnya terlihat cocok di foto atau tidak.

Cahaya natural dari matahari bisa langsung menunjukkan apakah warna foundation tersebut terlalu terang, gelap, atau bahkan terlihat orange di kulitmu. Jangan lupa ajak teman atau saudara untuk ikut melihat dan tanya pendapat mereka. Getting a second opinion will definitely help you!

Baca juga: 3 Tips Memakai Foundation.. Dari Cowok!