Tips Agar Maskara Tahan Lama

Masih bingung gimana cara bikin maskara tahan lama? Ini adalah beberapa tips memakai maskara agar lebih tahan lama.

Memakai maskara ada banyak suka dukanya. Saat dipakai, bulu mata langsung lentik dan tebal, but at the end of the day, saat mengaca, pasti horor sendiri melihat maskara yang sudah smudge kemana-mana seperti pemeran melodrama (and not in a pretty way) cry.

smudged mascaraYep, this is pretty much how I look like at the end of every day

Source: viki.com

Setiap kali saya curhat dengan teman tentang masalah ini, pasti dibilang, “Ya udah, lain kali beli maskara yang waterproof saja.” Tapi, sebenarnya, saya kurang suka dengan waterproof mascara. Bukan hanya susah dibersihkan, maskara yang waterproof juga lebih gampang menggumpal dan membuat bulu mata saya yang sudah “botak” ini tambah prone to breakage. Duh, jadi dilema banget kan? confused 

Baca juga: Jangan Takut Pakai Washable Mascara! Ini Alasannya

Sebenarnya, nggak perlu kok membeli maskara waterproof atau maskara yang baru. Berikut adalah tiga tips yang mungkin bisa berguna untuk kamu yang juga mengalami masalah “mata panda” gara-gara maskara yang luntur:

1.) Under-Eye Baking

Kalau kamu menggunakan pelembap, eye cream, concealer, dewy foundation atau produk apapun yang dapat membuat daerah kulit mata lebih lembap atau basah, they could be the reason for your smudging mascaraUntuk mengatasi masalah ini, lakukan baking di daerah under-eye sebelum memakai maskara.

“Baking” sounds intimidating, tapi caranya gampang kok. Tinggal gunakan loose powder di bawah mata dan biarkan selama 10-15 menit. During that time, aplikasikan maskara seperti biasa. Lalu, baru sapu loose powder dengan brush atau di dab-dab dengan beauty blender sampai rata. This step is optional, tapi untuk mengunci makeup supaya bisa lebih tahan lama lagi, gunakan juga setting spray di seluruh muka.

Baking-makeupBaca juga: Tips Baking Under Eye Bebas Garis Halus

2.) Hindari memakai maskara di ujung bulu mata

Memang bulu mata bisa terlihat lebih volumizing jika maskara diaplikasi di ujung bulu mata, tapi biasanya, yang membuat “mata panda” di akhir hari adalah maskara yang menyentuh kulit di area-area mata yang oily. Karena itu, hindari memakai maskara tebal-tebal di ujung bulu mata, apalagi di lower lashes. Cara aplikasi maskara yang lebih pas adalah dengan gerakan zig-zag dari akar bulu mata, lalu sisir ke arah luar. Fokus saja ke bagian dalam bulu mata yang dekat dengan akar, and you’ll still get the volumizing look!

3.) Gunakan Mascara Primers/ Top-Coats/ Sealers

Kalau kamu adalah pengguna maskara sehari-hari, mungkin mascara top-coats, atau yang juga dikenal sebagai mascara primers atau sealers akan sangat berguna untukmu. Bukan hanya untuk membuat maskara lebih awet, produk ini juga ada banyak fungsi lain, seperti memberikan efek lengthening di bulu mata. Personally, saya merasa lebih worth it untuk membeli mascara top coats karena lebih gampang dibersihkan daripada waterproof mascara. Kebanyakan mascara primer seperti Benefit They’re Real Tinted Eyelash Primer juga dapat digunakan dengan sendirian untuk mendapatkan bulu mata lentik yang natural.

mascara top coatsNah, itulah tips saya biar mascara tidak akan smudge walaupun dipakai seharian. Kalau kamu, ada tips lain nggak? Share disini yuk!