Jangan Takut Pakai Washable Mascara! Ini Alasannya

Sudah baca tentang “tragedi” bulu mata copot Miley Cyrus? Sekali lirik saja saya tahu banget kalau Miley saat itu pasti pakai maskara waterproof. Thank God, I’m a fan of washable mascara, and this is why you should be one too!

Saya sih nggak sensi sama maskara waterproof. I do own one. Jenis maskara ini memang punya kelebihannya sendiri: mengandung lebih banyak wax sehingga bisa hold curl lebih baik, dan (well duh) tahan air. Tapi kekurangannya justru lebih banyak menurut saya: lebih cepat menggumpal, nggak layerable (alias susah untuk touch up), bikin  bulu mata crunchy & breakage prone, serta lebih cepat mengering/ cenderung memiliki dry formula.

DSCF7030

Washable mascara VS waterproof mascara yang saya punya

 This is where washable mascara comes in as a hero. Wet formula, layerable, ringan dan nggak gampang menggumpal, menjadi alasan saya jatuh cinta sama maskara washable sekitar tiga tahun terakhir.  Karena nggak cepat nge-set, washable mascara bisa memberi efek seperated lebih baik pada bulu mata, sehingga bulu mata saya berkesan banyak dan feather-y banget. Yup, waterproof mascara lovers, that’s what you’ve been missing out.

Saya nggak sendiri lho. Dua editor FD lainnya, Dara dan Ochell juga lebih memilih maskara washable dengan alasan easier removal:

Dara: “Alasan aku lebih suka washable mascara sebenernya karena aku lebih suka pakai micellar water untuk bersihin muka sehari-hari. Berhubung ngehapus waterproof mascara pake micellar water itu susahnya minta ampun, jadinya ya pakai washable mascara aja. Selain itu, kalau pake waterproof mascara bulu mata kita suka berasa kenceng dan jadi kaku. Nah, aku nggak suka banget, tuh, jadi mendingan washable mascara aja deh, udah bersihinnya lebih gampang, bulu mata nggak jadi kayak laba-laba juga.

Ochell: Aku suka sama yang washable karena memudahkan ketika mau menghapus makeup pas malem. Kebetulan aku nggak begitu suka dengan “rasa” pakai cleansing oil atau cleansing balm di area mata.

Yes, jujur deh, pasti kamu yang suka pakai maskara waterproof pernah mengalami bulu mata rontok saat membersihkan makeup. Ini juga salah satu alasan yang membuat saya semakin jarang memakai maskara waterproof. Yang lebih enak lagi, dengan washable mascara, saya bahkan nggak butuh waterproof eye makeup remover; kapas dan air hangat saja cukup!

Tapi kan…Washable mascara bisa luntur? Kurang melentikkan juga? Nah, baca ini dulu>>