Budget Beauty: Drugstore Foundation untuk Kulit Kering

Punya kulit kering atau suka dengan finish foundation yang dewy? Simak tiga rekomendasi drugstore foundation untuk kulit kering ini ya. 

Seperti yang pernah saya tulis pada artikel trik menghindari foundation cracking pada kulit kering, bahwa pemilik kulit kering juga memiliki tantangan sendiri ketika memilih foundation. Kalau salah pilih, foundation malah cracking dan terlihat tidak menyatu dengan kulit wajah. Foundation untuk kulit kering nggak perlu mahal kok, karena beberapa drugstore brand juga mengeluarkan foundation yang suitable untuk kulit kering, dengan kualitas yang bagus. Yang penting formulanya mampu melembapkan kulit, teksturnya gampang dibaurkan, dan finish-nya cenderung dewy.

Karena finish-nya yang dewy, foundation-foundation ini juga akan cocok digunakan untuk yang sedang suka sekali dengan Korean makeup look. Foundation ini memberikan hasil kulit wajah yang tampak “basah”, bersinar, dan sehat, seperti yang biasanya ditampilkan dalam korean makeup look.

Baca juga: Ciri Khas Makeup Asia

IMG_0003

Bourjois Healthy Mix Foundation

Foundation ini adalah all time favourite saya! Teksturnya tidak terlalu kental dan tidak terlalu runny, ringan di wajah, dan punya aroma fruity yang enak. Finish-nya juga sangat pas, bikin kulit terlihat lebih segar dengan sedikit kilau, tapi juga nggak over glowy. Coverage-nya medium, tapi buildable dan nggak gampang cakey. Saya rasa pemilik kulit berminyak pun tetap akan bisa menggunakan foundation ini, karena hasilnya yang nggak terlalu dewy. Buat pemilik kulit berminyak yang nggak terlalu suka dengan hasil foundation yang matte finish, foundation ini bisa dicoba.

Yang paling saya suka dari Bourjuis Healthy Mix Foundation ini adalah pilihan warnanya yang yellow undertone, tapi tidak terlalu kuning. Sayangnya warna-warna yang tersedia di konter Bourjois di Indonesia sangat terbatas, hanya ada tiga warna, yaitu nomor 51 sampai 53. Warna-warna gelap justru tidak tersedia di sini. Dan bahkan sampai sekarangpun saya belum pernah menemukan online shop Indonesia yang menjual shade 54 dan 55 dari foundation ini.

LA. Girl Pro Coverage HD Liquid Foundation

Saya baru memiliki foundation ini selama beberapa hari dan langsung suka sekali. Teksturnya creamy dan cenderung runny, sangat mudah dibaurkan, dan hasilnya terkesan “basah” di wajah. Hanya saja foundation ini memang membutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk set di wajah, dan ketika sudah nge-set, finish-nya tetap terlihat dewy. Cara paling baik untuk mengaplikasikan foundation ini adalah dengan menggunakan egg sponge atau jari tangan, karena kalau pakai kuas malah streaky.

Coverage LA. Girl Pro Coverage HD Liquid Foundation ini medium dan bisa di-build sampai full tanpa cakey, dengan catatan harus menunggu lapisan sebelumnya nge-set dulu yah. Coverage-nya agak bikin saya surprise sih, karena foundation yang super dewy begini biasanya coverage-nya tidak terlalu bagus.

Sayangnya banyak yang mengeluhkan kalau foundation ini oxidize. Wajah saya juga berubah jadi oranye setelah beberapa saat menggunakan foundation untuk kulit kering ini. Jadi pastikan memilih shade yang sedikit lebih terang dari warna kulitmu, atau memakai cara saya yaitu mencampur foundation ini dengan foundation lain yang warnanya lebih terang. Dan ada satu lagi kekurangan foundation ini, yaitu mudah sekali transfer.

 MAX-FACTOR-AGELESS-ELIXIR-2-IN-1-FOUNDATION-SERUM-BRAND-NEW-CHOOSE-SHADE-401127532053

Max Factor Ageless Elixir 2 in 1 Foundation and Serum

Teksturnya ringan, mudah dibaurkan, dan konsistensinya cenderung creamy namun lebih cair bila dibandingkan dengan Bourjois Healhty Mix Foundation. Sama seperti Bourjois, foundation ini juga mempunyai aroma fruity yang sangat enak. Coverage foundation ini adalah sheer-medium, dan ketika di-build-up akan rentan cakey. Jadi kalau kamu punya beberapa imperfection pada wajah, sebaiknya ditutup saja dengan concealer. Finish-nya kulit terlihat glowy, dan bila diperhatikan benar-benar akan tampak partikel-partikel shimmer, walau samar-samar. Sama seperti LA. Girl Pro Coverage HD Liquid Foundation, sayangnya foundation Max Factor ini juga oxidize.

Masih butuh rekomendasi lain? Cek foundation untuk kulit kering dan mature pilihan Ochell ini.