3 Cara Mencegah Foundation Oksidasi

Pernah mengalami foundation menjadi gelap, setelah digunakan sekitar dua jam? Yuk, cari tahu apa saja penyebab foundation oxidized.

Sebel nggak sih, ketika membeli foundation warna sudah sesuai tapi begitu dipakai lebih dari dua jam, foundation tersebut mulai menggelap warnanya di kulit kita? Proses ini biasanya disebut oxidizing atau oxidized. Makanya ketika membeli foundation, saya selalu menyarankan untuk meminta sampel di counter untuk dicoba terlebih dahulu sehingga kamu bisa dengan mudah menentukan warna yang tepat.

Nah, foundation yang menggelap bukan berarti salah di foundation-nya, tapi ada beberapa faktor alami yang menyebabkan foundation tersebut berubah warnanya.

Foundation Menggelap-3

 Image Credit : Instagram.com/deszell

Ada tiga faktor yang bisa membuat foundation berubah warnanya. Pertama, karena faktor minyak dalam kandungan foundation yang bercampur dengan minyak alami dari kulit. Karena itu, pemilik kulit berminyak lebih sering mengalami permasalahan foundation menggelap dibanding jenis kulit lainnya. Tapi nggak berarti pemilik kulit normal dan dry bebas dari masalah foundation menggelap.

Kedua ketika foundation tercemar udara luar atau foundation-nya memang sudah expired. Selain warnanya bisa menggelap, menggunakan foundation yang sudah expired juga nggak baik untuk wajah, karena bisa menyebabkan iritasi dan timbulnya jerawat.

Faktor ketiga adalah cuaca atau udara. Sama seperti buah apel yang bila terkena oksigen yang ada di udara akan berubah menjadi cokelat. Hal ini bisa juga terjadi pada foundation yang menyebabkan foundation berubah warnanya menjadi lebih gelap atau oranye.

Jadi jelas ya, kalau foundation menggelap bukan berarti salah dari formula yang ada di dalam foundation tersebut. Tapi ketiga faktor ini lah yang menyebabkan foundation menggelap. Lalu bagaimana cara mencegah foundation oxidized?

Exfoliating
Karena pH balance pada kulit bisa mempengaruhi proses oxidizing, maka ada baiknya sebelum mengaplikasikan foundation, lakukanlah exfoliasi dengan menggunan acid toner. Seperti yang kita ketahui, fungsi acid toner adalah untuk mengangkat sel kulit mati dan mengembalikan pH balance kulit kita setelah mencuci wajah.

Primer
Kegunaan primer di sini selain untuk menahan minyak pada wajah, tapi berfungsi untuk membuat batasan atara kulit dan foundation. Diharapkan dengan menggunakan primer, proses oksidasi foundation akan terhindarkan. Biasanya disarankan untuk menggunakan primer dengan bahan dasar silicon.

Blot Before Powder
Setelah selesai menggunakan foundation, jangan langsung menggunakan powder pada wajah. Blot dulu wajah dengan menggunakan selembar tisu tipis, untuk mengangkat oil yang tidak terserap pada kulit. Tahap ini juga bisa membuat base makeup jadi lebih awet.

Kalau kamu sudah melakukan tiga tahap ini tapi foundation tetap menggelap, maka kamu memang harus membeli foundation yang satu hingga dua tingkat lebih terang.