Ciri Khas Makeup Asia

Alis tebal, lipstick over drawn dan foundation tebal adalah ciri khas makeup barat. Gimana kalau ciri khas makeup Asia?

Makeup look khas perempuan Asia yang jelas kebalikan dari makeup dari dunia Barat. Tahukan tren makeup no makeup look? Nah, basically itu lah makeup yang akan sering kamu temui ketika kamu jalan-jalan ke negara-negara Asia. Perempuan Asia seperti di Hongkong, Korea dan Jepang misalnya, ketika memilih foundation bukan yang high coverage, tapi lebih memilih foundation sheer dan skin-like.

Kali ini saya mau break down apa saja ciri khas makeup yang biasa digunakan oleh perempuan Asia. Karena makeup Asia bukan cuma punya tren Korea, lho.

Alis
Karena yang dituju adalah natural makeup look, jadi biasanya perempuan Asia lebih memilih untuk mengisi alis dengan menggunakan eye shadow atau brow powder ketimbang menggunakan brow pomade. Saat mengisi alis pun bukan digambar, tapi hanya mengisi bagian-bagian alis yang terlihat bolong saja.

Makeup Asia

Baca Juga : Kunci Gaya Makeup Korea Look

Eyeshadow
Ketika saya ke Hongkong tahun lalu, saya perhatikan hampir semua perempuan Hongkong menggunakan eyeshadow hanya satu warna saja pada seluruh kelopak mata. Dan eyeshadow yang digunakan adalah yang soft shimmer. Warna yang digunakan juga bukan hanya warna earth tone seperti cokelat melainkan warna silver, biru muda, soft pink dan peach.

Eyeliner
Nah, walaupun banyak nih yang memberikan tips pakai winged liner untuk kesan mata yang lebih besar, tapi kalau perempuan Asia biasanya menggambar eyeliner sangat tipis dan mengikuti bentuk mata aslinya. Contohnya kalau di Korea, style ini dibilangnya puppy eye liner, supaya mata terlihat lebih bulat seperti mata anak kecil.

48783e7b5224c00c33da7a816f5c1a51

Baca Juga : Mudahnya Makeup Ala Korea dengan VOV All Day Strong Eye and Lip

Complexion
Untuk complexion, dari yang saya perhatikan mereka lebih memilih hasil akhir yang glowing dan terlihat second skin gitu. Jadi untuk base perempuan Asia lebih memilih menggunakan bedak, BB cushion atau seperti tinted moisturizer saja. Menggunakan foundation bukanlah hal yang harus atau wajib. Kalau sampai menggunakan foundation pun mereka memilih yang sheer seperti Koh Gen Do Aqua Foundation.

Blush
Ini lebih pada pemilihan warna ketimbang teknik menggunakan blush. Warna-warna blush yang populer biasanya adalah cool pale pink, oranye, lilac dan coral. Dan hasil akhir blush on bukan yang matte tapi satin finish untuk memberikan extra dewy finish.

Baca Juga : Rekomendasi Instagram Shop yang Menjual Produk Korea

Lipstick
Kalau lipstick biasaya warna yang digunakan juga warna-warna soft seperti pink, peach, dan coral, dengan hasil akhir glossy atau satin. Dan penggunaanya juga bukan yang bold tapi lebih ke wash of color ringan aja di bibir. Kalau di Korea dikenalnya sebagai ombre lips.

Secara nggak sadar nih, untuk makeup sehari-hari saya lebih memilih makeup look yang simpel hampir seperti cewek-cewek Korea sekarang. Netta juga pernah bilang, kalau sebenarnya saya lebih cocok menggunakan makeup yang soft. 

Kalau kamu sendiri, suka kah dengan khas makeup Asia begini? Share di bawah ya!