Makeup Artist Arsya Nafisa Tentang Klien Remaja

Kenapa remaja jangan dandan heboh, dan skincare as makeup primer menurut Arsya Nafisa.

Menurut saya, Arsya Nafisa adalah salah satu ikon yang memang pantas menginspirasi para remaja Indonesia. FYI, dia memulai profesi MUA dari umur 16 tahun, lho! Selain ngobrol dengan dokter SpKK tentang kulit remaja, di acara “Marina 123glow” beberapa waktu lalu saya pun ngobrol dengan Arsya tentang tips makeup remaja dan pendapatnya tentang skincare.

Banyak nggak sih klien kamu yang masih remaja?

“Memang dari awal malahan yang paling banyak itu remaja. Mungkin karena umurnya kan nggak jauh beda sama aku juga, jadi orang-orang mungkin memilih yang umurnya nggak beda jauh karena seleranya sama.”

arsya-nafisa-makeup-2Arsya Nafisa

Image: instagram/Arsyanaf21

Ada tantangan tersendiri nggak saat makeup klien remaja? Apa sih perbedaannya sama yang dewasa?

“Nggak sih, justru karena masih remaja jadi seleranya sama kali, ya, yang natural gitu. Justru lebih mudah makeup-in yang masih remaja dibanding yang dewasa. Kalau remaja kan biasanya untuk acara sweet seventeen, prom, graduation, dia maunya makeup yang natural kan, walau sebenarnya tergantung mereka seleranya gimana, sih. Kalau dewasa biasanya untuk acara engangement atau pernikahan, jadi otomatis makeup-nya akan lebih tebal.”

Apa sih tanggapan kamu mengenai remaja yang suka memakai makeup secara berlebihan atau tidak sesuai umurnya?

“Kalau menurut aku, sih, sayang banget, ya, soalnya kan kulit remaja tuh masih baru beregenerasi, jadi sebaiknya jangan terlalu banyak memakai makeup, kecuali kalau memang ada acara tertentu, ya. Tetapi, kalau hanya untuk sehari-hari tetapi dandanannya heboh, menurut aku jadi kasihan kulitnya.”

Nah, apa tips dari kamu buat para remaja yang baru ingin belajar makeup?

“Kalau misalnya mau belajar makeup, mulai dari tampilan yang natural dulu. Mungkin bisa beli produk yang ada di drugstore  karena kan memang masih pemula. Terus jangan lupa skincare. Menurut aku, menggunakan skincare itu penting banget, karena makeup yang bagus, bahkan tampilan no make-up make-up  akan didapat kalau memiliki kulit yang bagus juga. Kan kalau kulit berjerawat pasti ingin menutup jerawat tersebut dan pasti membutuhkan banyak produk, nah kalau remaja ingin hasil yang natural, ya lebih baik mereka juga merawat kulit.”

Baca juga: Tutorial No-Makeup Makeup Look Arsya Nafisa

Kalau untuk perawatan wajah, Arsya punya kiat-kiat khusus nggak, sih?

“Kalau aku, yang paling penting walaupun semalas apapun itu adalah cuci muka. Memang sih, cuci muka itu hal yang paling bikin malas, apalagi kalau habis pergi seharian sampai rumah itu kan rasanya langsung mau tidur aja, tapi cuci muka itu bagian paling penting. Terus, jangan lupa untuk pakai pelembap, sunblock, dan produk skincare lainnya. Kalau misalnya makeup langsung dipakai ke muka tanpa melalui tahapan skincare terlebih dahulu itu bakal menyumbat pori-pori yang akhirnya menimbulkan jerawat. “