Tips untuk Kulit Remaja dari Dokter SpKK

Masa remaja adalah masa dimana kita mulai memerhatikan masalah pada wajah. Punya banyak pertanyaan tentang kulit remaja? Simak penjelasan dari Dr. Keni berikut.

Sabtu kemarin, saya menghadiri acara Marina yang berjudul Marina 123glow. Acara ini sendiri bertujuan untuk mengedukasi para remaja tentang tahapan dalam merawat wajah yaitu membersihkan, menutrisi, dan melindungi. Acara ini menghadirkan berbagai pembicara yang ahli di bidangnya, salah satunya adalah dr. Keni Istasaputri, MKes SpKK, yang merupakan dokter spesialis kulit dan kelamin. Nah, langsung saja saya mengajukan beberapa pertanyaan seputar kulit remaja yang mungkin bisa menjawab rasa penasaran kamu.

DSCF1187

Masalah apa sih yang paling sering dikeluhkan oleh remaja?

“Remaja itu sebenarnya adalah proses peralihan dari anak-anak menuju dewasa. Nah, karena hormon yang tidak stabil, mudah muncul yang namanya jerawat. Jerawat ini, sih, yang rata-rata banyak dikeluhkan oleh perempuan remaja. Jerawat ini awalnya muncul karena produksi minyak yang berlebihan. Belum lagi, kalau masa remaja kan masa dimana aktifitas fisik lagi heboh, dan rata-rata para remaja itu belum aware untuk merawat wajahnya. Itulah mengapa jerawat jadi cepat muncul pada wajah.

Boleh nggak sih menggunakan makeup sejak usia dini? Apa ada akibatnya kalau sering memakai makeup?

“Memakai makeup boleh, tetapi di satu sisi remaja juga harus diberi pengetahuan untuk melindungi wajah. Karena sehari-hari pasti terpapar sinar matahari, jadi wajib menggunakan pelembap dan produk yang mengandung SPF. Yang paling penting, jangan sampai pemakaian makeup tersebut menimbulkan masalah di kemudian hari. Jadi, pilihlah makeup yang tidak berat, tidak irritating, dan wajib dibersihkan. Jadi, tidak boleh sehabis aktifitas seharian, pulang langsung tidur. Kalau makeup tidak dicuci dengan baik, dapat menyebabkan sumbatan pada pori-pori. Nah, sumbatan itu yang menyebabkan jerawat. Kalau efek untuk jangka panjang, sih, dapat mempercepat proses kekeringan pada wajah.”

marina-skincare-review-1

Dalam memilih make-up, bahan apa sih yang ramah untuk kulit remaja?

“Sebenarnya semua produk yang ada di pasaran, yang sudah melewati BPOM dan sebagainya, saya jamin itu aman. Jangan hanya percaya testimoni orang saja, padahal kalau ditanya produk dari mana dan bahannya apa tidak bisa menjawab, jangan yang seperti itu. Harus pintar dalam memilih produk. Pilihlah produk yang sudah teruji secara klinis, itu pasti aman.”

Nah, kalau menggunakan produk perawatan wajah yang brand-nya berbeda-beda sebenarnya masalah tidak, Dok?

“Sebenarnya pastikan dulu, apabila brand-nya berasal dari luar negeri, kan tergantung iklim, contohnya mereka punya empat musim, berbeda sama di sini yang disinari matahari sepanjang tahun. Jadi, kadang-kadang, produk mereka lebih banyak untuk kulit kering. Jadi, kita tidak bisa pukul rata semua brand bagus, karena itu kembali lagi ke setiap daerah yang berbeda-beda kebutuhan kulitnya. Jadi, pilih-pilih dahulu sebelum menggunakan suatu produk.”

Last but not least, apa sih tips yang mudah diikuti oleh remaja dalam melakukan perawatan wajah?

“Ya, seperti yang dikampanyekan Marina ini, tahapan 123glow ini sebenarnya merupakan tahapan yang mudah diikuti untuk merawat wajah. Membersihkan dengan sabun yang tepat, menutrisi dengan pelembap dan sunblock yang mengandung SPF, dan menggunakan bedak yang juga mengandung SPF untuk melindungi, karena pasti sehari-hari terkena paparan sinar matahari, polusi, dan sebagainya.”

Baca juga: Rekomendasi Skincare untuk Remaja di Bawah 100 Ribu