Rekomendasi Skincare untuk Remaja di Bawah 100 Ribu

Pada suatu hari, saya lagi iseng scrolling through comments di video Skincare 101 Kak Affi. Ada banyak komentar-komentar menarik dari para subscribers, tapi ada satu komentar yang langsung menarik perhatian saya:

“Kak, umurku baru 16 tahun, exfoliating toner yang cocok buat aku apa, ya?”

Kyaaa. Tanpa mengurangi rasa hormat untuk adik-adik di luar sana yang antusias mau belajar skincare, kalau boleh, saya pingin ngasih saran, nih. Take it slow! Pelan-pelan dulu. Exfoliating toner bisa dibilang adalah step skincare yang cukup advanced, karena asal-asalan memakai exfoliating toner bisa memicu over-exfoliation yang bisa berakibat iritasi. Kandungan exfoliating toner juga cukup “keras” untuk kulit remaja dan harus dipakai dengan frekuensi yang cukup dan teratur untuk mendapatkan hasil maksimal. Apalagi, kulit remaja sebenarnya sama sekali nggak urgent kok, untuk pakai exfoliating toner.

Karena itu, ada baiknya supaya para remaja memprioritaskan skincare routine ke hal yang paling basic dulu. Kalau basic skincare sudah rajin dilakukan sejak masih sekolah, nantinya akan lebih gampang buat kamu untuk menyusun skincare routine sendiri karena sudah tahu apa yang dibutuhkan kulit.

So, buat kamu yang masih SMP-SMA dan masih bingung mau merawat kulit dari mana, coba lihat rekomendasi berdasarkan jenis kulit berikut ini, ya. Semua produknya bisa kamu dapatkan dengan harga nggak lebih dari Rp100.000, kok!

Kulit Normal

hada-labo-shirojyun-ultimate-whitening-face-wash-100-ml-2618-9027275-1-side

Tipe kulit normal biasanya nggak memiliki masalah yang begitu berarti. Kadar minyak normal, kadar kelembapan normal, jerawat pun masih under control. Yang perlu kamu lakukan hanyalah maintaining dan menjaga supaya kulit nggak kusam atau dehidrasi.

Face wash: Hada Labo Shirojyun Ultimate Whitening Face Wash (Rp30.000)

Sunscreen: Emina Sun Protection SPF 30 (Rp27.500)

Salah satu sunscreen favorit saya dari drugstore! Formulanya ringan, nggak lengket, dan nggak whitecast. Nyaman banget untuk dipakai beraktivitas karena sama sekali nggak membuat kulit berminyak. Nggak perlu banyak-banyak, cukup pakai sedikit saja sudah bisa untuk seluruh muka. Kalau kulit kamu nggak bermasalah dengan kandungan fragrance, wanginya juga segar seperti wangi buah!

Sheet Mask: My Beauty Diary Apple Polyphenol Mask (Rp32.900)

Polyphenol adalah zat di dalam apel yang memiliki fungsi antioksidan. Dengan kegiatan di luar rumah yang mengharuskan kamu panas-panasan dan ketemu polusi, antioksidan bermanfaat untuk menjaga kulit dari dampak buruk faktor-faktor eksternal tersebut. Rutin memakai sheet mask setiap minggu juga bisa membuat kulit lebih lembap dan kenyal.

Kulit Berminyak

908327398_o-side

Nah, ini dia tipe kulit yang paling banyak ditemui di umur-umur remaja. Meskipun minyak nggak sepenuhnya menjadi musuh kamu (karena ada juga fungsi minyak yang menguntungkan kita), tapi kalau produksinya berlebihan tentu bisa mengganggu juga. Pilihan skincare pun harus bisa yang mengontrol minyak tanpa menguras minyak alami di kulit.

Face Wash: Garnier Pure Active Matcha Deep Clean (Rp30.000)

Banyak FD members yang bilang kalau face wash yang dirilis tahun lalu ini terbukti ampuh mengurangi minyak. Kandungan matcha-nya dikombinasikan dengan salicylic acid, membuat face wash ini juga ideal untuk mencegah jerawat muncul.

Sunscreen: Wardah Sunscreen Gel (Rp32.000)

Kulit berminyak bukan berarti nggak butuh sunscreen, lho. Kamu bisa pilih sunscreen yang formulanya berbentuk gel, bukan krim, sehingga gampang terserap di kulit dan nggak terasa berat untuk sehari-hari. Kalau memang kamu agak insecure dan takut muka kelihatan berminyak setelah pakai sunscreen, boleh tepuk-tepuk sedikit bedak tabur di area wajah yang berminyak supaya nggak terlalu kelihatan shiny.

Micellar Water: Garnier Micellar Cleansing Water (Rp30.000)

Didesain untuk kulit kombinasi dan berminyak, micellar water berwarna biru dari Garnier ini enak banget untuk membersihkan wajah sebelum mencuci muka. Berhubung kulit berminyak itu rentan banget pori-porinya tersumbat, double cleansing sudah jadi kewajiban setiap hari. Micellar water ini juga wanginya nggak menyengat dan terasa super adem di kulit.

Kulit Berjerawat

pond-s-facial-foam-acne-solution-100g-side

Sebelum minta dianter ke dokter kulit, untuk kamu yang tipe kulitnya jerawatan, coba dulu yuk, pakai produk skincare yang ada di pasaran. Barangkali dengan kombinasi beberapa produk ini, jerawat puber kamu bisa diredam tanpa harus repot-repot ke dokter!

Face Wash: POND’S Acne Solution AntiAcne Facial Foam (Rp29.000)

Salah satu penyebab utama jerawat adalah bakteri yang menumpuk di pori-pori. POND’S Acne Clear White ini membantu mematikan bakteri tersebut dan mencegah jerawat muncul sekaligus menyerap minyak. Katanya sih, face wash ini bisa membantu mengurangi peradangan jerawat dalam waktu tiga hari aja.

Sunscreen: Acnes UV Tint (Rp40.000)

Untuk kulit berjerawat, mencari sunscreen memang susah-susah gampang. Tapi dari review FD-ers yang saya baca, beberapa members yang punya acne-prone skin ternyata cocok dengan sunscreen dari Acnes ini. Teksturnya nggak greasy, cukup ringan, dan yang terpenting nggak memicu munculnya jerawat baru!

Spot Treatment: Wardah Acne Treatment Gel (Rp23.000)

Obat totol jerawat ini berbentuk gel transparan yang memberikan efek cooling di kulit. Zat aktif salicylic acid-nya bisa meresap masuk ke dalam pori-pori, membersihkan kotoran, dan membantu mengempeskan jerawat. Bisa dipakai sehari-hari ke sekolah karena warnanya yang bening!