Enaknya Punya Kulit Berminyak

Punya kulit berminyak? Selamat yaa, kamu bakal cenderung awet muda dan lebih secured dari polusi!

Dua tahun terakhir ini saya “dianugerahi” kulit sensitif, yang jadi lebih gampang dehidrasi. Seriously, reaktifnya itu nggak hanya terhadap faktor luar. Saya ngopi Starbucks ukuran grande aja, bisa dipastikan besoknya dagu saya langsung flaky! Tipe kulit yang dulunya kombinasi-berminyak pun sekarang jadi cenderung normal-kering.

Kalau tahu gini, saya nggak bakal ngeluh waktu dulu kulit saya gampang shiny. Nggak bakal bete pas BB cream atau foundation meleleh duluan *gross* di bagian hidung. In fact, kalau kamu punya kulit berminyak, kamu justru beruntung karena alasan-alasan ini:

kulit-berminyak-1Go easy on that powder! 

1. Cenderung Awet Muda

Sebum, atau dalam bahasa kita, minyak, membantu kulit selalu kenyal dan elastis. That’s why kulit kering, yang elastisitasnya rendah, lebih gampang muncul kerutan. Now you know why anti-ageing products are often very emollient, supaya membantu issue elastisitas pada kulit dewasa yang cenderung kering. FYI, sebum juga mengandung vitamin E alami, yang merupakan salah satu antioksidan yang baik, lho.

Oil is the fountain of youth, FD-ers. Don’t be so hard on it :p

Baca juga: Tips Makeup untuk Kulit Berminyak

2. Stronger Against UV Damage

Lapisan sebum yang mayoritas banyak diproduksi di kulit kepala dan wajah, juga berfungsi sebagai lapisan pelindung. Melindungi dari apa? Polusi, dan juga efek buruk sinar matahari. Yup, dengan adanya lapisan minyak, kotoran dari lingkungan atau partikel makeup nggak akan secara langsung settle di pori-pori. Sinar UV juga butuh sedikit “kerja keras” untuk menembus lapisan minyak agar sampai ke kulit. Hurray!

3. Nggak Gampang Dehidrasi

Menurut Alan M. W. Porter, M.D., Ph.D. di Journal of the Royal Society of Medicine, produksi minyak membantu kulit menahan kadar air lebih baik. Sehingga, kulit jadi nggak mudah dehidrasi. Kalau kamu pemakai produk hyaluronic acid seperti Hydraluron, dan jenis kulit kamu berminyak, mungkin kamu nggak butuh terlalu banyak produk, because your oily skin is actually boosting its work :)

4. Irit Makeup

Memang sih, kulit berminyak mungkin bikin base makeup lebih cepat cakey. Tapi juga dengan alasan ini, pakai makeup tipis-tipis jadi keuntungan buat kamu yang punya kulit berminyak. Saya ingat dulu foundation di kulit kombinasi saya itu justru kelihatan makin glowy dan bagus semakin lama dipakai. Kalau di kulit kering, ya memang matte sih, tapi nggak dapet glow-nya. Aw how I miss the glow!

Downside-nya, mungkin memang kulit berminyak cenderung mudah komedoan, atau berjerawat. Yah, we cannot have it all our way. Kamu bisa baca sejumlah dont’s untuk kulit berminyak ini supaya jenis kulit berminyak kamu lebih seimbang.