5 Kesalahan Eyeliner yang Sering Dilakukan

Hayo ngaku, siapa yang sering melakukan kesalahan-kesalahan eyeliner berikut ini?

1.) Menarik kulit di daerah mata

Nah, ini nih kesalahan yang paling sering dilakukan banyak wanita, karena dikira bahwa menarik kulit di ujung mata saat mengaplikasi eyeliner hasilnya bisa lebih rapi. Sebenarnya, ketika menarik kulit mata dan melepaskannya lagi, pulasan eyeliner menjadi tidak proporsional lho. Kulit di daerah mata juga sangat tipis, jadi jika ditarik dapat menyebabkan kulit cepat kendur. Nggak mau ada keriput di mata kan? Then don’t do this!

kesalahan eyelinerFoto: gurl.com

2.) Menggunakan eyeliner yang salah

Ada banyak eyeliner dengan formula yang berbeda-beda dan dengan hasil yang juga berbeda. Makanya jangan malas, atau tidak rajin membaca artikel-artikel Female Daily ya razz, karena kalau tidak dipelajari baik-baik, it can be pretty disastrous. Contohnya nih, dulu saya tidak tahu bahwa liquid eyeliner tidak cocok untuk digunakan untuk mengaris bawah mata. Saat dipakai… Eh, malah mirip Avril Lavigne versi KW.

chikk.comKarena mudah dibaur, gunakan eyeliner yang berjenis pensil jika ingin menciptakan smokey eyes. Jika ingin mendapatkan cat eyes yang (pakai bahasa anak jaman sekarang) “on fleek”, gunakan liquid eyeliner atau eyeliner cair. Saya sarankan untuk mempelajari dulu jenis-jenis eyeliner yang berbeda dan cocokan dengan kebutuhanmu.

Baca juga: 5 Cara Mudah Memakai Liquid Eyeliner untuk Pemula

3.) Tidak menggunakan eye primer

Karena sering terburu-buru, saya sebenarnya juga jarang menggunakan eye primer heheh. Tapi sebenarnya eye primer ada banyak fungsinya lho, seperti membuat eyeliner menjadi lebih tahan lama dan tidak bleber. Apalagi kalau kamu mempunyai kelopak mata yang berminyak, eye primer adalah langkah yang tidak boleh kamu skip! Untuk rekomendasi eye primer yang bagus, bisa dicek review-review FD members di Beauty Review ya.

Baca juga: Makeup 101: Pentingnya Eye Primer

4.) Menggunakan eyeliner pada seluruh lingkaran mata

Kesalahan ini sering dilakukan pemula karena dikira dapat membuat mata terlihat lebih nge-jreng, tapi kenyataannya mata malah terlihat seperti panda. Look ini hanya oke untuk dipakai saat dipadukan eyeshadow untuk membuat smokey eyes. Tapi kalau yang dipakai hanya eyeliner di seluruh lingkaran mata, ini akan membuat matamu tampak lebih kecil dan seperti anak band yang emo gitu lol. Saya sarankan untuk hanya menggunakan eyeliner di upper lash line untuk membuat mata terlihat lebih besar dan hidup.

Baca juga: 3 Eyeliner Lokal Bagus di Bawah 100 Ribu

eyeliner-liquidcFoto: more.com

5.) Membersihkan eyeliner hanya dengan air

Bukan hanya bisa bleber, membersihkan eyeliner dengan air saja tidak cukup lho. Apalagi eyeliner yang waterproof, tidak akan luntur saat terkena air. Alhasil, harus digosok-gosok sampai merah deh (I learned this the hard way, karena dulu saya pelit dan nggak mau ngeluarin uang untuk membeli makeup remover). Sekarang, saya selalu menggunakan micellar water untuk membersihkan eyeliner, habis itu dicuci lagi pakai facial foam. Ingat ya, membersihkan makeup itu sangat penting untuk tidak menimbulkan masalah-masalah di wajah, seperti jerawat dan komedo.

Nah, itulah lima kesalahan yang sering dilakukan pengguna eyeliner. Mana nih yang paling sering kamu lakukan? biggrin