Makeup 101: Pentingnya Eye Primer

Eye Primer/eye shadow base adalah langkah penting sebelum mengggunakan eyeshadow.  Apalagi bagi yang kelopak matanya cenderung berminyak, perlu sekali untuk memakai eye primer terlebih dahulu.  Khususnya pada saat acara special seperti wedding party, atau acara lainnya yang membutuhkan kita untuk memakai makeup yang lengkap. Eye primer memiliki beberapa fungsi yang bisa memberikan efek yang signifikan pada makeup mata kita.   Fungsi utama dari eye primer adalah agar warna eyeshadow terlihat lebih vibrant, dan supaya eyeshadow lebih tahan lama juga tidak creasing atau masuk kedalam lipatan kelopak mata kita. Selain itu dapat juga membatu agar eyeliner yang kita gunakan tidak bergerak atau menempel ke kelopak mata.

Namun penggunaan eye primer pun harus hati- hati, disarankan untuk tidak menggunakannya terlalu banyak karena penggunaan eye primer terlalu banyak dapat menyebabkan cakey dan malah membuat eye shadow susah untuk di ratakan. Jadi penggunaan sebesar biji kacang hijau sudah sangat cukup untuk kedua kelopak mata.


Urban Decay Primer Potion : Eden &  Original , perbedaan dari dua eye primer ini adalah dimana original memberikan coverage yang minimun hapir transparent pada kelopak mata, sedangkan eden memiliki warna nude yang dapat membantu untuk menyamarkan warna/hyper pigmentasi yang sering terdapat pada kelopak mata.

ELF Mineral Eyeshadow prime, Wet n Wild  Eyeshadow primer : kedua eye primer ini juga sangat terkenal dan memiliki kualitas yang sangat baik dalam menjaga ketahan eye makeup kita. dengan harga yang relatif terjangkau, keduanya memiliki kulitas yang cukup baik dan bisa diandalkan untuk membuat makeup mata terlihat lebih bagus.

 

Left No primer  – Right with primer

Ini merupakan contoh eye makeup yang menggunakan eye primer dan tidak menggunakan eye primer. Dapat terlihat secara jelas kalau eye makeup yang tidak menggunakan primer tidak terlalu kontras warnanya dan juga tidak tahan lama. Sedangkan yang menggunakan eye primer eyeshadow menjadi lebih mudah untuk di-blend dan juga warnanya lebih jelas.

Selain eyeprimer yang saya sebutkan, cream eyeshadow juga bisa digunakan sebagai base untuk powder eyeshadow.  Karena teksturnya cream, powder eyeshadow jadi lebih mudah untuk menempel dan warnanya juga terlihat lebih jelas.

Untuk saya, eye primer menjadi bagian yang penting untuk makeup sehari-hari, how about you?