5 Cara Mudah Memakai Liquid Eyeliner untuk Pemula

Bagi yang baru belajar makeup, memakai liquid eyeliner atau eyeliner cair itu, sebuah tantangan tersendiri, lho! Nah, ini tips mudah untuk pemula yang baru mau belajar pakai liquid eyeliner.

Saya masih teringat ketika pertama kali belajar memakai liquid eyeliner: tangan gemetaran saat memegang pen liquid eyeliner, keringat dingin, dan hasilnya? Eyeliner yang bleberan kemana-mana, hahaha…

Tapi setelah tanya sana-sini ke beberapa teman yang sudah “Master” Liquid Eyeliner, dan juga dari hasil sering lihat makeup tutorial di YouTube, saya mulai bisa menguasai cara memakai eyeliner cair ini. Nah, inilah beberapa tips yang ingin saya bagi kepada kamu yang baru mau belajar pakai liquid eyeliner.

1. Jaga agar mata sedikit terbuka

cara-pakai-liquid-eyelinersource: makeuptutorials.com

Saat akan mengaplikasikan eyeshadow atau eyeliner pada kelopak mata, maka secara insting atau otomatis mata kita akan menutup. Tapi kalau kedua mata tertutup rapat, bagaimana kamu bisa membuat garis membingkai kelopak matamu, kan? Hehehe…So, first step, buka sedikit mata dan lihat ke cermin saat kamu membingkai kelopak mata dengan liquid eyeliner. Dengan membuka sedikit kelopak mata, maka kamu bisa melihat bagian mata yang perlu diberi bingkai lebih lebar atau juga cukup menggoreskan eyeliner dengan tipis.

2. Pakai eyeshadow primer lebih dulu.

eyeshadow-primercaption: mata kiri memakai eyeshadow primer, sedangkan mata kanan tidak memakai. Warna eyeshadow dan eyeliner pun lebih “keluar” di mata kiri. 

Eyeshadow primer ternyata nggak hanya berfungsi menonjolkan warna eyeshadow jadi lebih “keluar” tapi juga membantumu memakai liquid eyeliner lebih rapi. Saya sudah mencobanya nih, pakai eyeshadow primer terlebih dahulu sebelum memakai liquid eyeliner. Produk ini membantu tinta liquid eyeliner jadi melebar nggak karuan di kelopak mata, saat diaplikasikan. Memakai primer terlebih dahulu, memang membuat eyeliner jadi lebih cepat kering saat diaplikasikan di kelopak mata. Kamu bisa coba pakai Benefit Air Patrol, yang selain berfungsi jadi BB Cream untuk mata juga menjadi eyeshadow primer. 

3. Pertama, gambar eyeliner dengan pensil. Setelah itu, ditimpa dengan liquid.

Sebagai pemula, menarik garis dengan liquid eyeliner untuk membingkai mata, tentu awalnya akan membuat tangan sedikit gemetar, karena takut salah. Nah, saya punya tip jitu nih bagi kamu yang masih pemula dalam memakai liquid eyeliner. Pertama, bingkai kelopak mata dengan eyeliner berbentuk pensil saja lebih dulu. Memakai pencil eyeliner akan memudahkan kamu membuat cat eye, bahkan! Setelah itu, baru garis mata itu ditimpa atau ditebalkan dengan liquid eyeliner. Ikuti saja pola yang telah dibuat dengan pencil eyeliner tersebut.

4. Lebih baik tarik garis pendek ketimbang bikin garis panjang.

Simple-and-Easy-way-to-apply-Eye-Liner-2source: weddingseve.com

Kalau belum pro, membuat winged eyeliner dengan satu tarikan garis lurus saja, susahnya pasti setengah mati, kan? Nah, bila kamu masih pemula, mulailah dengan membuat beberapa titik di kelopak mata, dimulai dari kelopak mata bagian dalam mengarah keluar, lihat gambar di atas. Lalu, kamu tinggal hubungkan titik-titik pendek itu, bisa dengan pencil eyeliner lebih dulu dan nantinya baru ditimpa dengan liquid eyeliner.  Tarik saja garis-garis pendek lebih dulu, seolah-olah kamu sedang menghubungkan titik-titik di kelopak mata. Voila! Akhirnya kelopak mata pun terbingkai cantik!

5. Hindari pakai makeup remover untuk membetulkan kesalahan.

Pada saat menarik garis dengan liquid eyeliner, pasti terjadi kesalahan, kan? Nah, jangan buru-buru menghapus ujung garis yang mencong itu dengan makeup remover. Karena malah membuat liner jadi berantakan. Solusi jitu: ambil cotton bud, basahi ujungnya dengan air, lalu sapukan ke liner yang salah dengan hati-hati. Makeup matamu pun tetap rapi.