3 Hal Tentang Mineral Botanica Brush Kit Set

Akhirnya, saya nyobain juga Mineral Botanica Brush Kit Set. Selain tampilannya menarik dan bulunya halus, ada hal lain yang perlu kamu tahu tentang brush kit lokal ini.

Waktu lagi hunting Mineral Botanica Micellar Water di IG shop, saya baru tahu kalau Mineral Botanica juga punya brush set. Jarang-jarang kan, brand makeup lokal punya makeup brush? Nggak tanggung-tanggung, brush set pula. Saya langsung bikin mental note untuk beli produk ini.

Baca juga: Battle Micellar Water Nivea Vs Mineral Botanica

mineral-botanica-brush-review-2

mineral-botanica-brush-review-1

Saya beli langsung Mineral Botanica Brush Kit Set ini di Avecca Beauty Center dengan harga member Rp172.000,-. Dengan harga ini, total ada 11 item yang didapat, yaitu sepuluh brush dan satu brush roll. Kesan pertama sih, saya suka banget dari segi tampilannya. I like the brush roll, brush handle dan warna bristle-nya yang kesannya organik banget. Remind me of Ecotools, actually. Satu yang saya nggak suka, adalah cover plastiknya. Kalau pinggirannya dijahit dengan bahan pasti tampilannya akan lebih cantik dan neat.

mineral-botanica-brush-review-3

mineral-botanica-brush-review-4

Sepuluh brush yang ada di set ini adalah 3 face brush, 4 eye brush, lip brush, spoolie dan brow brush/ comb. Some might say paddle brush kecil yang ada adalah untuk eye shadow, namun bagi saya lebih tepat jadi detail brush untuk muka/ concealer, sih.

Semua brush-nya extremely soft, dan nggak ada yang rontok/ shedding setelah saya cuci sebelum dipakai. Dua hal ini kayaknya jadi kritera utama banyak orang ya, setiap beli makeup brush. Namun, untuk Mineral Botanica Brush Kit Set ini, ada beberapa poin yang menurut saya perlu orang tahu sebelum beli:

  1. Nggak Ada Foundation Brush

This brush set would almost be a perfect starter brush kit, kalau aja ada foundation brush-nya. Yang basic aja sih, macam paddle brush gitu. So, kalau kamu berharap dengan beli brush set ini kamu nggak perlu kuas foundation lagi, apparently not. Kecuali, kamu memang prefer jari untuk pakai foundation/ BB cream seperti saya.

Mungkin Mineral Botanica pingin kamu, yang mau foundation brush, untuk beli terpisah kuas koleksi Studio Series mereka.

Baca juga: 3 Jenis Kuas untuk Foundation dan Fungsinya

mineral-botanica-brush-review-5

  1. Eye Brush Kurang Perform

Keempat kuas eye shadow yang ada di Mineral Botanica Brush Kit Set ini terdiri dari dua blending brush, satu angled flat brush dan satu pencil brush. Isu utama saya dengan kuas-kuas ini adalah nggak ada blending brush bulat, yang menurut saya cukup essential untuk bikin eye look yang well-blended.

Terus, saat saya coba pakai paddle brush yang ada untuk aplikasi warna di kelopak, sayangnya nggak terlalu bagus daya pick up pigment-nya. Pakai blending brush-nya? Ya hasilnya bakal soft banget. I would ditch two of the eye brushes for a round blending brush, and a short, tightly-packed lid brush.

  1. Patutkah Dibeli?

Terlepas dari isu-isu di atas, yes! Dengan catatan, untuk pemula yang mungkin hanya akan bikin gaya makeup simpel. You can make em brushes work. Dari seluruh brush yang ada, favorit saya adalah face brush besar (enak buat touch up bedak), spoolie (untuk sikat alis sekaligus mengurai maskara sebelum kering biar nggak clumpy) angled blush brush (bisa untuk contour juga) dan pencil brush (bagus untuk outer corner).

mineral-botanica-brush-review-6

Jujur, dari lipstick, lip cream sampai skincare Mineral Botanica yang sudah saya coba, so far baru ini produk MiCa yang cukup saya suka. Saya sih tetap salut sama Mineral Botanica yang dibandingkan brand lokal lain, bisa dibilang paling lengkap range-nya (makeup, to tools and skincare) dan up-to-date dengan tren produk seperti lip cream dan cushion foundation.

Baca juga: Mineral Botanica Air Cushion Foundation Baguskah Coverage-nya?