3 Jenis Kuas untuk Foundation dan Fungsinya

Baru belajar makeup? Ini 3 jenis kuas foundation yang perlu kamu tahu. Hasilnya berbeda-beda lho.

Jujur, saya lebih suka memakai jari tangan untuk aplikasi foundation. Saya enggak sendiri lho; YouTuber Kandee Johnson dan MUA legendaris Mary Greenwell adalah beberapa makeup pros yang suka memakai foundation dengan jari tangan. Bahkan, Greenwell bilang memakai kuas foundation cuma bikin buang-buang produk! Ha ha ha…Saya sedikit setuju sih soal ini. Namun, menurut saya, kuas foundation punya kelebihan lain, yaitu bisa memberi hasil akhir dan coverage yang berbeda-beda sesuai kebutuhan.

Tips Memakai Foundation…dari Cowok!

Nah, buat kamu yang baru mau belajar makeup, atau belajar jadi make up artist, ada tiga jenis kuas foundation yang perlu kamu tahu. Tentu saat memakaikan foundation di wajah orang lain, kuas foundation lebih baik deri segi kebersihan, kan? Here they are:

jenis-kuas-foundation-2Paddle Brush

Paddle. Dayung. Yup, namanya diambil karena memang bentuknya pipih kayak dayung perahu. Pertama, jenis kuas foundation ini mengingatkan saya sama es krim *enggak penting *lanjut*. Kedua, kuas foundation ini bagus untuk memberikan hasil full coverage. Cara pakainya biasanya digerakkan ke bawah, mirip seperti melukis. Namun banyak juga sih yang pakai dengan cara di-tap di bawah mata untuk meratakan under eye concealer.

Justin Lien dari Estee Lauder pakai kuas jenis ini waktu main ke FD. MUA Lisa Eldridge juga sering pakai kuas satu ini. Be careful, kalau kurang mahir memakai kuas ini hasil foundation-nya bisa streaky.

Bsigma-f80-jenis-kuas-foundation-1uffing Brush

Buffing brush, beserta istilah buffing, rasanya mulai booming sejak munculnya kuas Sigma F80. Bentuknya tebal, padat dengan permukaan yang rata. Cara pakai-nya adalah dengan gerakan memutar membentuk lingkaran kecil. Karena teknik ini, buffing brush bisa memberi hasil flawless karena bisa menyamarkan pori-pori besar, karena gerakan ini “mendorong” produk ke pori-pori dengan baik. Hasilnya bisa kamu lihat di artikel tentang pori-pori ini. Hasilnya cukup “Wow, Magic!” deh.

Selain untuk liquid foundation, buffing brush juga bisa dipakai untuk meratakan produk bubuk seperti powder foundation, atau powder blush dan bronzer. Pokoknya, area wajah yang rata dan cukup lebar. Salah satu buffing brush yang gampang didapat adalah Real Techniques Buffing Brush. Oh ya, Hati-hati memakai buffing brush kalau kamu punya kulit sensitif dan flaky. Nanti bisa tambah parah.

5-Stippling-BrushDuo Fibre/ Stippling Brush

Sebenarnya, kuas ini cara pakainya sama dengan buffing brush. Tapi hasil yang diberikan lebih tipis dan natural. Kuas ini bentuknya juga bulat dan rata, hanya dengan bulu yang lebih jarang di bagian atas, dan biasanya warnanya berbeda dari bulu bagian bawah. Recommended untuk apa? Untuk hasil makeup yang flawless namun sheer coverage. Karena memberikan coverage tipis, jenis kuas ini juga bagus dipakai kalau kamu mau memakai liquid blush atau highlighter, supaya hasilnya enggak medok.