Micellar Water Mineral Botanica Vs Nivea, Pendatang Baru di Drugstore

Dua produk micellar terbaru dari drugstore datang dari brand lokal Mineral Botanica, dan Nivea. Mana yang lebih saya suka?

Bangga deh, lihat brand Indonesia semakin sophisticated aja dalam membuat produk. Selain jadi brand lokal pertama yang mengeluarkan face cushion, Mineral Botanica juga belum lama mengeluarkan micellar water. Begitu lihat, saya langsung ngide untuk “mengadu” produk ini dengan micellar water keluaran drugstore yang sama-sama tergolong baru, yaitu Nivea Makeup Clear Micellar Water.

review-mineral-botanica-micellar-nivea

Nah, yang saya cari dari sebuah micellar water pertama adalah daya membersihkannya harus oke, terutama untuk light makeup sehari-hari , terus terasa nyaman di kulit, alias nggak terasa panas, perih dan sebagainya. Nah, yang terakhir ini penting banget buat saya, secara saya punya kulit sensitif yang cukup reaktif.

Mana di antara micellar water Mineral Botanica dan Nivea yang saya pilih? Yuk, langsung ke breakdown-nya:

Kemasan dan Harga

Mineral Botanica Cleansing Water ini saya ketemu di Instagram, dengan range harga sekitar Rp40.000,- sampai (OMG) Rp70.000,- Kenapa cari di IG store, karena hunting di Century (yang biasa lengkap koleksi MiCa-nya) nggak ada terus. Akhirnya saya dapat deh dari seller IG @odoyagallery dengan harga Rp43.000,- aja. Ukurannya 100 ml dalam botol plastik dengan tutup model push button.

Nivea Makeup Clear Micellar Water (atau Cleansing Water?) lebih mudah didapat di hypermart, dengan harga Rp53.500,- untuk 200 ml. Kemasannya botol plastik dengan tutup flip-top.

Aroma

Baik micellar water Mineral Botanica dan Nivea sama-sama berbau. Mirip, malah menurut saya. Baunya agak mirip acetone gitu. Namun bau Mineral Botanica lebih strong.

Klaim

Klaim dari micellar water Mineral Botanica menurut saya adalah standar produk sejenis, yaitu menghapus makeup dengan lembut sekaligus melembapkan. Atau maksudnya nggak membuat kulit terasa kering, ya. Ingredients lengkapnya bisa kamu lihat di bawah ini. Yang lucu, di label kemasannya, ada sedikit penjelasan ilmiah tentang molekul micellar water and how it works. Klaim lain adalah aman untuk kulit sensitif, bebas sabun, deterjen, alkohol dan bahan kimia berbahaya. Tapi kalau kamu cermati, di ingredients list masih ada fragrance-nya. Sebagai pemilik kulit sensitif, this got me conflicted.

review-mineral-botanica-micellar

Nah untuk Nivea, klaim-nya lebih tinggi, nih; “Membersihkan semua jenis makeup bahkan di mata tanpa rasa berminyak”. Hmm…high claim, high expectation dong, ya. By the way, saya belum pernah sih, ketemu micellar water yang bikin berminyak. Jadi “jaminan” tanpa residu berminyak agak aneh sih, bagi saya.

review-nivea-micellar-ater

Seperti banyak produk Nivea lainnya, yang satu ini juga dermatologist tested. Bebas pewarna, parfum, alkohol, paraben dan silikon. This one seemed more sensitive skin- friendly to me.

Performa

So, kemarin saya pakai kedua produk micellar ini untuk membersihkan makeup ke kantor. Setengah-setengah muka gitu. Makeup yang saya pakai adalah pelembap, loose powder, lipstik, eyebrow pencil, eyeliner dan maskara waterproof. Fokus saya tapi hanya di bagian wajah dulu.

I can definitely say, daya membersihkan micellar water Mineral Botanica dan Nivea ini identik. Makeup terasa bersih terangkat dengan dua kapas. Dua-duanya nggak bikin wajah saya panas or apa, tapi sisi yang pakai Mineral Botanica terasa lebih segar dan cooling.

Menurut saya, micellar water bukan didesain untuk membersihkan makeup mata. Tapi untuk menguji klaim Nivea, jadi kedua produk ini saya coba juga di mata. Ngangkat sih…sekitar 20% setelah tiga kali usap, dan satu bulu mata rontok. So, no. Not for eyes. Grab your favorite makeup remover for that.

Setelah selesai, saya double cleansing lagi pakai facial wash. Hmm…di bagian yang dipakai Mineral Botanica ada yang aneh, nih. Gatal di sisi hidung, alias spot pertama yang biasanya bereaksi kalau muka sensitif saya nggak temenan sama sesuatu. Pas saya ngaca, yah bener aja, spot itu merah, gatal. Could it be the fragrance? Besar kemungkinan. Tapi patut dicatat ya, kalau muka saya itu sensitif pakai banget.

Final Verdict

Mungkin kamu bisa tebak, kalau saya lebih memilih Nivea Makeup Clear Micellar Water. Dengan daya angkat yang sama, harganya jauh lebih murah, lebih mudah didapat, dan aman di kulit sensitif saya.

Apakah micellar keluaran MiCa lantas jelek? Ya nggak juga. Hanya yang sensi terhadap fragrance patut hati-hati. Kalau muka kamu nggak sensi, go for it! It’s super refreshing!