banner-detik

acne blemishes

Cara Menangani Kulit Perawatan Dokter yang Mengelupas

seo-img-article

Yang pernah merasakan perawatan dokter kulit pasti paham banget dengan fase downtime, di mana kulit terlihat seperti kepiting rebus. Merah, kering, dan mengelupas!

Umum dialami pasien jerawat, fase ini bisa dialami selama satu bulan, tiga bulan, atau bahkan lima bulan lebih. “It gets worse before it gets better” biasanya jadi mantra yang jadi “penenang” pasien, bahwa masa-masa downtime ini akan segera berlalu dan kulit bakal kembali seperti semula, versi lebih mulus. Berhubung saya pernah ada di posisi yang mengalami downtime-lalu-sembuh, saya paham banget betenya punya kulit kering kerontang dan super sensitif berbulan-bulan.

Ciri khas kulit downtime perawatan dokter ini cukup mudah dikenali. Biasanya kulit akan terlihat merah, kering, mengelupas, gatal, dan akan jadi sangat, sangat sensitif saat terkena sinar matahari langsung. Ini bisa disebabkan oleh krim malam dokter yang umumnya mengandung tretinoin atau prosedur chemical peeling yang memang memberikan efek kulit menjadi kering. Apalagi kalau ditambah mengonsumsi antibiotik dan pil KB, produksi minyak natural tubuh pun akan berkurang secara signifikan.

Cara Menangani Kulit Perawatan Dokter yang Mengelupas 1

Baca juga: Hacks Kulit Kering karena Obat Jerawat

Nah, meskipun saya nggak lagi berobat ke dokter kulit, saya lagi konsisten memakai krim tretinoin yang dijual bebas di apotek. Efek sampingnya tentu sama dengan krim malam dokter, yaitu kering dan mengelupas—-kalau nggak ditangani dengan tepat. Dulu, zaman SMA atau kuliah mungkin cuek aja ya berangkat ke sekolah dan kampus dalam keadaan kulit lagi “babak belur”. Kalau memang lagi nggak pede ketemu orang, selesai kelas tinggal pulang. Tapi sekarang, tentu kita nggak bisa kabur dari orang-orang kantor atau ketika harus meeting di luar!

Saya melakukan dua hal berikut ini untuk menyelamatkan kulit dari fase downtime. Gampang dan sangat terbukti ampuh!

Tumpuk Pelembap

I cannot stress this enough. Rumus gampangnya, solusi kulit kering ya memang pakai pelembap, tapi pelembap yang seperti apa? Dalam kasus saya, saya tumpuk dua pelembap sekaligus yaitu Hada Labo 3D Gel dan Kiehl’s Ultra Facial Cream. Kenapa dua produk ini?

Alasannya simple, saya butuh satu pelembap untuk supply hidrasi (Hada Labo 3D Gel mengandung hyaluronic acid) dan diikuti dengan pelembap yang lebih thick untuk mengunci kelembapan serta supply moisture (Ultra Facial Cream mengandung natural essential oil seperti apricot oil, olive oil, dan rice bran oil). Lengket? Yes. Nggak nyaman? Sudah pasti. But it’s the only way of saving my skin. Supaya nggak terlalu lengket, kasih aja loose powder untuk menyerap minyak. Trust me, it works!

Lihat juga: Apa Bedanya “Moisturizing” dan “Hydrating”?

Wajib, Wajib Sunscreen!

Jangan sedih, setelah tumpuk dua pelembap, masih ada satu produk yang nggak boleh ketinggalan: sunscreen! Betapapun lengketnya muka saya, sunscreen saya “paksakan” tetap dipakai.

Seorang teman saya yang lagi perawatan dokter sempat mengeluh bahwa kulitnya perih banget saat terkena sinar matahari, bahkan saat hanya menyeberang jalan. Setelah kembali masuk ke ruangan ber-AC, kulit yang tadinya perih berubah menjadi merah, dan butuh waktu beberapa menit sebelum akhirnya kembali seperti semula.

Saat ditanya pakai sunscreen atau enggak, seperti yang bisa ditebak, jawabannya “enggak”. Nggak dalam perawatan pun, sunscreen adalah produk yang wajib dipakai, apalagi di negara beriklim tropis seperti Indonesia. Kulit yang sedang perawatan akan terekspos dengan ingredients yang sifatnya mendorong regenerasi sel kulit baru seperti tretinoin atau BHA, dan aktivitas ingredients ini membuat kulit jadi super sensitif.

Karena itu, penting untuk melindunginya secara short term (menghindari efek burning instan) dan juga secara long term (menahan sinar UVA). Silakan cek rekomendasi sunscreen di sini ya.

Ada yang mau share pengalaman tentang mengatasi kulit yang downtime karena perawatan dokter juga?

Slow Down

Please wait a moment to post another comment