Obat Jerawat Bikin Kulit Kering? Coba Trik Ini

Saat obat jerawat kesayangan ampuh bikin jerawat kering, kadang kulit sekitarnya ikut jadi kering bahkan mengelupas. Cara ini bisa jadi solusi mudah dan murah!

Kalau kamu pemakai obat totol jerawat atau skincare dengan bahan aktif untuk mengatasi jerawat, side effect yang paling umum adalah kulit jadi kering. Bahkan, kulit di sekitar jerawat bisa sampai flaky gitu. Pernah ngalamin?

While your acne may be healing, kulit kamu in general kasihan juga kalau sampai mengelupas dan iritasi karena pemakaian bahan aktif yang terlalu agresif. Kalau kulit kamu sensitif kayak saya, mungkin bahkan nggak perlu pake agresif; obat jerawat biasa udah bisa bikin kulit kamu dehidrasi, iritasi dan mengelupas. Walau udah pakai tretinoin tipis-tipis, nih, kadang area dagu saya suka mengelupas halus juga.

Baca juga: Memahami Kulit Kering Berjerawat

Kalau kondisinya sudah begini, biasanya saya akan mengeluarkan produk serbaguna kesayangan yaitu petroleum jelly! Fungsi petroleum jelly di sini adalah sebagai oklusif. Apa oklusif itu? Produk oklusif sebenarnya nggak melembapkan kulit, instead, dia mengunci kelembapan kulit saat dipakai.

oklusif-kulit-kering-jerawat-1

Memang, tekstur petroleum jelly itu kan agak thick dan lengket, tapi nggak mengganggu kok. Beneran deh. Pakainya juga cuma perlu sedikit aja. Caranya, setelah kamu pakai semua skincare PM kamu (termasuk si obat jerawat), oles tipis-tipis petroleum jelly. Saya biasa pakai Lucas Papaw, atau Vaseline Petroleum Jelly Original. Dijamin masalah kulit flaky kelar!

Banyak yang concern, nanti bikin nyumbat pori-pori nggak? Bikin jerawat baru nggak? Nope. Partikel petroleum jelly terlalu besar untuk mempenetrasi pori-pori kulit. Justru yang mau saya ingetin adalah oklusif ini sekali lagi bukan pelembap, ya. Dia hanya membantu jadi seal supaya produk pelembap kamu nggak menguap. Jadi pakai produk pelembap “beneran” tetap harus dilakukan.