Pil KB untuk Jerawat, Ini Tanggapan dari Dokter Kulit

Bener atau nggak pil KB bisa menyembuhkan Jerawat? Ini jawaban dari Dr. Dewi Hasanah. SpKK. 

Tiga tahun lalu, waktu saya masih struggling untuk menyembuhkan jerawa, ada satu teman yang menyarankan untuk menggunakan pil KB untuk pengobatan. Tapi setelah saya pikir-pikir, kok kayanya agak terlalu ekstreme ya, mengambil tahap ini. Dan setahu saya pun, kalau mau minum pil KB harus melalui rajukan dokter dan perlu dilakukan beberapa test.

Waktu Female Daily mengundang Harumi untuk ngebahas proses penyembuhan jerawatnya,  Harumi juga sempet ngebahas tentang mengkonsumsi pil KB untuk meredakan permasalahan jerawatnya. Penasaran, dengan korelasi antara pil KB dan juga jerawat, akhirnya saya memutuskan untuk bertanya ke dokter kulit langsung,  yaitu dr. Dewi Hasanah. SpKK dari Essence Skin Clinic.


Hai dokter Dewi,  bener nggak sih dengan mengkomsusi pil KB bisa mengatasi permasalahan jerawat? Kalau iya, apakah semua jenis jerawat bisa diatasi dengan meminum pil kb?

“Penyebab jerawat bersifat mutifaktor, salah satu penyebabnya adalah hormon androgen. Terapi hormonal diindikasikan untuk jerawat derajat sedang sampai berat, yang tidak responsif dengan terapi jerawat lini pertama. Dan terapi hormonal hanya diberikan pada wanita.”

Pil KB untuk Menyembuhkan Jerawat?-2

Lalu, apakah kita bisa langsung minum pil KB yang ada di pasaran? Atau sebaiknya melakukan beberapa test terlebih dahulu atau bedasarkan anjuran dokter?

“Sebelum memberikan terapi hormonal, seorang dokter harus memperhatikan beberapa hal, seperti apakah jerawat yang ada sudah diterapi dengan optimal menggunakan obat-obatan jerawat lini pertama (retinoid, antibiotika, dll). Apakah ada tanda- tanda gangguan hormonal lainnya, seperti gangguan menstruasi, adanya tanda- tanda hiperandrogen pada wanita (tumbuh rambut pd tempat yg tidak sewajarnya pada perempuan). Apabila ada tanda gangguan hormonal, maka sebaiknya dirujuk ke dokter kandungan untuk dilakukan pemeriksaan yang lebih mendalam. Bila diperlukan akan diberikan kontrasepsi hormonal sesuai indikasi.”

 Jadi, intinya kita nggak bisa sembarangan minum obat kb ya?

“Betul, apalagi kalo hanya semata untuk menyembuhkan jerawat, karena seperti yang tadi saya bilang, jerawat itu penyebabnya multifaktor, dan hormon hanya salah satu penyebabnya aja. Jadi walaupun diberikan terapi hormon biasanya tetap harus dikombinasikan dengan obat jerawat lainnya.”

Dari obrolan singkat saya dengan dokter Dewi, bisa diambil kesimpulan kalau memangpil KB bisa membantu untuk meredakan jerawat, tapi bukanlah menjadi the magic cure untuk semua permasalahan. Karena sebenarnya, saat menggunakan pil KB pun harus dibarengi juga dengan menggunakan obat topikal. Dan saat memutuskan untuk menggunakan pil KB, bukan berarti bisa sembarangan beli di apotik, tapi harus melalu rujukan dokter.