banner-detik

backstage beauty

Inside FDHQ: Kata Cowok FD Soal Skincare & Makeup Cowok Korea

seo-img-article

Cowok beropini soal cewek ber-makeup itu udah biasa. Tapi kalau tren makeup dan skincare di cowok-cowok Korea? Ini kata anak-anak FD!

Waktu menulis artikel ini, saya ingat ucapan seorang narasumber dari perusahaan kosmetik Korea terbesar Amorepacific yang saya temui di sebuah acara dan mengatakan bahwa beberapa tahun yang lalu, cowok-cowok Korea “hanya” memakai toner dan lotion aja untuk perawatan kulit mereka. “Hanya”, lho. Sekarang, tren skincare sudah semakin beragam dan cowok-cowok pun perlahan-lahan semakin banyak yang concern dengan kulit!

Beda dengan skincare yang mungkin masih umum digunakan cowok, kalau makeup mungkin cowok-cowok Indonesia nggak menyentuh sama sekali. Kecuali memang yang profesinya memang membutuhkan makeup. Tapi, makeup sendiri bukanlah barang asing untuk cowok-cowok Korea. Mulai dari BB cream, cushion, sampai pensil alis. Some K-pop idols even take it further with eyeshadow, eyeliner, and sometimes lip tints!

Nah, apa tanggapan cowok-cowok FD, yang sehari-harinya bisa dibilang cukup familiar dengan makeup dan juga skincare? Sebagai bahan referensi, saya memperlihatkan video men cushion, iklan toner yang dibintangi Lee Min Ho, pensil alis (curang sedikit sih, karena menggunakan iklan Thailand), dan Korean skincare routine untuk laki-laki. Ini satu bocoran videonya:

Kenalan dulu sama mereka satu-satu, yuk. Ada Bani (Head of HR & GA), Maul (Video Editor), Azhar (iOS Developer) dan Ivan (Photographer).

Gimana perasaannya setelah nonton video-video di atas?

Bani: Dang! Aneh banget ngeliat yang pensil alis buat cowok. Buat gue kalau kayak pembersih muka dan penghilang jerawat masih oke banget untuk cowok, tapi kalau udah masuk ke krim pagi siang malem, terus pensil alis, dan touch up muka lagi gitu gitu buat gue kayak masih awam banget.. Tapi nggak tahu ya, yang lain. Poinnya adalah gue belum nemu esensi makeup buat cowok. Yang gue tahu, kalau cowo itu harus wangi, bersih, dan itu udah cukup.

Maul: Speechless, komennya sama kayak Mas Bani, sangat sangat awkward liat pensil alis buat cowok, hahaha. Terus untuk yang pake cushion kayak di video pertama masih aneh banget diliatnya buat cowok di Indonesia. Ya at least, kalau beneran ada yg make udah nggak sekaget itu karena udah liat video tadi. Penasaran mungkin buat produk pembersih muka kayak iklan yang kedua.

Azhar: Hmm gimana ya, agak aneh sih kalo ngeliat cowok pake makeup, apalagi yang pake bedak (atau apalah namanya gue nggak paham). Yang pensil alis, itu agak geli sih nontonnya, hahaha. Kalau skincare sih mungkin udah cukup lumrah ya dilakuin cowok, cuma nggak sebanyak yang di video itu. Yang paling umum mungkin pembersih muka ya.

Ivan: Nggak ada perasaan apa-apa. Cowok wajar kok pake skincare. Tapi kalo makeup rada gawat sih.

Lihat juga: Ilmu Skincare Menarik dari Cowok

Ada nggak produk makeup atau skincare di atas yang bikin kalian tertarik?

Bani: Kalau kemasannya asik dan gue dibayar kaya Joe Taslim, I’m in.

Maul: Produk innisfree yang di video kedua sama stiker jerawat yg di video terakhir kayaknya menarik.

Azhar: Paling yang di video kedua. Walaupun nggak tau dia ngomong apaan, tapi kayaknya itu buat bikin kulit muka tetep lembap yak? At least makenya nggak ribet.

Ivan: Nggak ada. Kayaknya mau pake semuanya juga nggak akan ada yang berhasil di gue.

Kalau emang di Indonesia lihat cowok pakai makeup dan skincare bertahap-tahap itu normal, kira-kira mau ikutan coba juga nggak?

Bani: Kalau kemasannya asik dan gue dibayar kayak Joe Taslim, I’m in.

Maul: Kalau makeup sih… Enggak. Tapi skincare mau asalkan bikin muka bersih.

Azhar:Makeup? Belum mau ikutan sih, karena gw belum ngerasa itu hal yang penting dan butuh untuk gw lakuin

Ivan: Mau. Cuek aja. *tertawa*

Lihat juga: Pendapat Cowok Mencoba Brow Wax 

Kamu sendiri, kalau tiba-tiba pacar punya rangkaian skincare lengkap dan minta ditemenin cari cushion, apa yang akan kamu lakukan? 😀

Slow Down

Please wait a moment to post another comment