8 Fakta Soal K-Beauty yang Kamu Wajib Tahu

Kemarin FD sudah membahas sejarah dan asal muasal perusahaan kosmetik terbesar di Korea, Amorepacific. Dengan inovasi baru setiap tahunnya, kira-kira terobosan baru apa yang akan diberikan Amorepacific tahun depan?

Di acara Journey to Beauty Innovation oleh Amorepacific yang saya hadiri minggu lalu, Head of Amorepacific ASEAN Business Robin Na sempat mempresentasikan perkembangan bisnis Amorepacific di negara-negara ASEAN. Selama presentasi, Robin Na dan narasumber lain nggak hanya menjelaskan tentang produk dan inovasi baru Amorepacific untuk tahun depan, tetapi juga beberapa fakta soal K-Beauty yang beberapa cukup unik dan bikin penasaran!

Berikut di antaranya:

1. Founder Amorepacific, Suh Sunghwan, merasa bahwa budaya teh Korea semakin menurun. Dengan membesarkan Amorepacific yang mengambil ekstrak daun teh sebagai bahan dasar produknya, Suh Sunghwan juga ingin menghidupkan kembali budaya teh dan menjadikan Korea sebagai salah satu sumber green tea terbaik.

2. Produk cushion yang paling populer di negara-negara ASEAN yang beriklim tropis adalah Laneige Powder Fit, cushion dengan teknologi “cream to powder” yang rencananya akan masuk ke Indonesia tahun depan. Hasil akhir cushion ini juga semi-matte, jadi cocok untuk jenis kulit berminyak!

SAMSUNG CAMERA PICTURES3. Masih nyambung dari poin kedua, ternyata konsumen ASEAN lebih “boros” memakai cushion dan lebih cepat repurchase karena cewek-cewek di Indonesia, Malaysia, Singapore, Vietnam, dan Thailand ini hobi touch-up! Touch-upnya bisa beberapa kali sehari, berbeda dengan cewek-cewek Korea yang mayoritas hanya touch-up sekali, seperti saat lagi naik kereta, misalnya.

4. Amorepacific sedang bekerja untuk terus menambahkan shade gelap pada produk-produk cushion mereka untuk menyesuaikan market ASEAN yang warna kulitnya beragam. Semoga bisa merangkul skintone Indonesia yang lebih banyak lagi, ya!

5. Tahun depan, innisfree akan mengeluarkan cushion terbaru mereka yaitu My Cushion, dengan finish full-coverage dan SPF lebih tinggi. Nggak cuma itu, akan ada juga Mild BB Cushion yang formulanya lebih ringan untuk tipe kulit sensitif dan bermasalah!

6. Kalau kemarin sudah ada brow dan highlighter cushion dari Laneige, Amorepacific akan menambahkan range cushion untuk produk dekoratif lainnya. Hmm, kira-kira produk apalagi ya?

SAMSUNG CAMERA PICTURESHad this super delicious green tea and macarons while listening to the presentation!

7. Untuk formulasi, Amorepacific tidak hanya menekankan di seberapa banyak atau seberapa tinggi konsentrasi bahan utamanya, melainkan di seberapa efektif teknologi yang membantu bahan tersebut terserap dengan baik di kulit. Untuk produk-produk Sulwhasoo misalnya, yang menggunakan ginseng sebagai bahan utama.

Karena ekstrak ginseng adalah bahan aktif yang sangat kuat, kalau nggak diolah dengan baik, semua manfaatnya nggak akan bisa berefek maksimal di kulit karena kemampuan tubuh kita yang terbatas. Karena itu, dibutuhkan bantuan formulasi dari Sulwhasoo yang bisa membantu penyerapan produk ini lebih baik. Teknologi tersebut disebut Bio Conversion.

8. Saat berbicara tentang konsumen laki-laki untuk K-Beauty, Director of Amorepacific Singapore Research & Innovation Center Yunha Lee mengatakan bahwa semakin ke sini, makin banyak konsumen laki-laki yang aware dengan pentingnya skincare. Lucunya, Yunha Lee sempet nyeletuk, “Sementara dulu produk yang mereka pakai hanya toner dan lotion.” :D Ini menunjukkan bahwa cowok-cowok Korea memang sudah rajin skincare-an dari dulu, kalau sampai toner dan lotion aja disebut “hanya” :D Cewek-cewek di Indonesia aja banyak yang lebih low maintenance, ya!

Bonus fact: Amorepacific sedang membangun pabrik besar di Johor, Malaysia, dan nantinya akan mengusahakan sertifikasi halal untuk beberapa produk-produk andalannya. A thoughtful strategy for ASEAN Market, hope can get more updates soon! :)