Innisfree Color Clay Mask Cica: Menenangkan Kulit Berjerawat

Menggunakan clay mask di kulit acne-prone nggak hanya berfungsi sebagai exfoliator atau mengempeskan jerawat saja. Dengan Innisfree Color Clay Mask Cica, clay mask ini justru memberikan fungsi lain di kulit saya.

Bulan lalu, Innisfree baru saja meluncurkan produk masker terbaru mereka, yaitu Volcanic Color Clay Mask. Terdiri dari tujuh varian, masing-masing clay mask memiliki fungsi dan supporting ingredients yang berbeda untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Begitu melihat detail produk-produknya, saya langsung mantap berangkat ke Senayan City dan mampir ke Innisfree store untuk membeli varian incaran saya: Cica!

Buat penggemar K-beauty mungkin sudah nggak asing lagi dengan “cica”, ingredient yang berasal dari tanaman centella asiatica, atau bahasa Indonesianya: pegagan! :D Centella asiatica sendiri sudah digunakan bertahun-tahun untuk mengobati masalah kulit, mulai dari iritasi hingga luka bakar. Karena itu, produk skincare yang mengandung cica (atau madecassoside / asiaticoside di ingredient list) lebih ditujukan untuk kulit sensitif atau problematik, termasuk kulit berjerawat.

Lihat juga: Sheet Mask untuk Kulit Bermasalah

SAMSUNG CAMERA PICTURESDi website Innisfree, dijelaskan bahwa masker berwarna hijau ini ditujukan untuk mengontrol sebum dan menenangkan kulit bermasalah. Teksturnya sendiri berbentuk krim padat yang sangat lembut dan gampang diratakan ke seluruh wajah. Untuk ukuran clay mask, masker ini terasa sangat nyaman dan melembapkan. Setelah mengering di kulit pun, sama sekali nggak ada efek kaku, malah kulit seperti dipakaikan satu lapis pelembap yang mengering tapi ada efek soothing-nya di kulit. Kebayang nggak? Hahaha.

Berhubung ambisius, masker ini saya pakai hampir setiap hari. Waktunya bebas, kalau lagi bangun agak pagi ya saya pakai di pagi hari, tapi sering juga dipakai di malam hari. Membilasnya nggak susah sama sekali, bahkan kalau pagi kadang saya nggak pakai first cleanser lagi dan menggunakan masker ini sebagai “cleanser” aja. Setelah dibilas, kulit jadi berasa lebih halus, kenyal, tanpa efek kering seperti memakai clay mask pada umumnya.

SAMSUNG CAMERA PICTURES

SAMSUNG CAMERA PICTURESSetelah hampir dua minggu memakai masker ini, sepertinya aman untuk mengatakan bahwa kulit saya cocok. Jerawat yang biasanya bandel sekarang lebih terkontrol ukurannya, nggak seperih atau seradang dulu sebelum rajin pakai masker ini. Kalau ada jerawat baru pun kempesnya jadi lebih cepat dan beberapa bekasnya juga lebih gampang memudar. Kekurangannya adalah mungkin meskipun mengandung clay, masker ini nggak efektif untuk mengangkat komedo atau mencerahkan karena teksturnya yang sangat-sangat mild, jadi kalau dibandingkan dengan clay mask lain yang lebih strong, performanya akan kalah jauh. But hey, note that this mask is designed for sensitive skin anyway!

Buat yang punya kulit bermasalah, entah itu jerawat atau kulit yang gampang iritasi dan kemerahan, saya recommend banget masker ini. Maybe its not life changing, but I think every problematic skin deserves to be treated with a soothing and calming mask every once in a while.

Setuju nggak?