Sheet Mask untuk Kulit Bermasalah

Untuk beberapa jenis kulit, rutin menggunakan sheet mask sebagai skincare tambahan bisa membantu mengatasi skin concern lebih efektif.

Too many sheet mask, too many problems to tackle! Ada begitu banyak sheet mask di luar sana, sampai kadang kita bingung harus memilih yang mana. Untuk kulit normal, mungkin nggak masalah untuk mencoba berbagai macam sheet mask, tapi untuk kulit bermasalah, penting untuk memilih sheet mask sesuai skin concern. Berikut panduannya.

Noda Gelap dan Bekas Jerawat: Vitamin C

51GpYrW54oL._SL1000_-side

Nggak hanya bisa dipakai dalam serum saja, menambahkan sheet mask dengan kandungan vitamin C bisa membantu menyamarkan noda gelap atau noda merah bekas jerawat. Biasanya, bahan vitamin C yang terkandung pada sheet mask antara lain adalah ascorbic acid dari lemon peel oil atau sodium ascorbyl phosphate. Selain bisa menyamarkan noda, sheet mask dengan vitamin C juga bisa membantu meratakan warna kulit dan membuat overall complexion semakin cerah.

Lihat juga: 3 Hal Wajib Tahu Sebelum Mencoba Serum Vitamin C

Kulit Kusam: Antioksidan

Sheet Mask untuk Kulit Bermasalah 1

Sheet mask yang mengandung antioksidan, baik itu antioksidan natural ataupun sintetis, bisa membantu mencegah dampak buruk sinar UV dan juga external agressors di kulit kita. Selain bisa memberikan nutrisi yang diperlukan kulit, antioksidan juga bisa meminimalisir efek penuaan dini seperti kulit kendur atau kusam. Buah-buahan berries atau sayuran seperti brokoli, timun, dan tomat nggak hanya bagus untuk dikonsumsi, tetapi juga diambil manfaatnya dalam bentuk sheet mask!

Lihat juga: Diet Gula untuk Bebas Jerawat

Kulit Dehidrasi: Hyaluronic Acid

Sheet Mask untuk Kulit Bermasalah HA

Kulit yang kekurangan air akan terasa kaku, flaky, atau bahkan perih. Sheet mask dengan hyaluronic acid bisa meningkatkan jumlah air pada kulit dan mencegahnya menguap kembali. Berbeda dengan snail mucin yang juga punya kadar air yang ringgi, hyaluronic acid memiliki tekstur yang lebih ringan sehingga lebih aman untuk digunakan semua jenis kulit. Nggak cuma menjaga hidrasi kulit, hyaluronic acid juga bisa membantu meningkatkan elastisitas kulit dan membuatnya tampak plumpy.

Lihat juga: Mengatasi Kulit Berminyak yang Dehidrasi

Kulit Berjerawat: BHA / Tea Tree

Sheet Mask untuk Kulit Bermasalah BHABHA dan tea tree adalah kandungan yang sudah terbukti bisa mencegah dan mengurangi bakteri penyebab jerawat. Kalau kamu lagi melakukan puasa skincare dan mau menjauhi acne treatment yang drying, kamu bisa cheat sedikit dengan menggunakan sheet mask yang tetap mengandung acne treatment. Jadi, kulit tetap bisa di-treat dengan BHA atau tea tree, tapi minim efek samping dan dry patches.

Lihat juga: Kenapa Bekas Jerawat Susah Hilang di Kulit Asia

Kulit Iritasi: Centella Asiatica

Sheet Mask untuk Kulit Bermasalah centella

Bahan centella asiatica pasti ada di hampir semua skincare untuk kulit sensitif karena kemampuannya untuk meredakan inflamasi dan mempercepat penyembuhan luka. Pada kulit iritasi, reaksi yang muncul bisa bermacam-macam, mulai dari jerawat, kemerahan, bruntusan, ataupun gatal-gatal. Centella asiatica sendiri sudah sering digunakan dalam ilmu herbal sebagai bahan untuk meredakan masalah penyakit kulit yang parah sekalipun, seperti eksim dan psoriasis.

Lihat juga: Centella Asiatica, Jagoan Skincare Korea