banner-detik

makeup

Belajar Makeup untuk MUA Pemula, Private atau Master Class?

seo-img-article

Mendingan ikut private makeup course, sekolah makeup atau master class MUA hits ya? Berikut pengalaman saya menuntut ilmu sebagai MUA baru.

Sebagai MUA pemula, kali ini saya mau sharing sedikit pengalaman saya belajar makeup lebih dalam selama dua tahun di dunia per-makeup-an. Untuk menjadi MUA, ilmu makeup bisa banget kamu dapatkan dari berbagai sumber. Sumber yang paling murah-meriah adalah Youtube, dan yang punya budget lebih bisa ambil short makeup course, private makeup course atau ikut master class makeup dengan para MUA senior.

Tapi dari keempat pilihan ini, mana sih yang sebenarnya lebih terpakai untuk MUA pemula yang baru merintis karir? Kalau dari pengalaman saya, saya lebih rekomendasi kamu untuk belajar sendiri dari video tutorial yang ada di Youtube. Kamu perhatiin teknik-teknik makeup yang dipakai oleh para Youtuber ini. Pelajari gimana cara blending eyeshadow, cara campur warna eyeshadow dan bikin alis. Gunanya belajar sendiri adalah biar tangan kamu lemes dulu dan familiar dengan menggunakan kuas makeup. Perbanyak praktik makeup ke wajah teman atau keluarga terlebih dahulu. Kuncinya adalah mengenali bentuk wajah dan mata orang, sampai kamu dapetin feel-nya, baru maju ke tahap selanjutnya.

Lalu kalau sudah luwes dan biasa “pegang” wajah orang lain, harus nuntut ilmu ke mana? Private, Master Class atau sekolah makeup? Berdasarkan pengalaman saya yang sudah pernah ikut dua master class, satu beauty workshop dan satu private class, saya lebih memilih private makeup class.

Belajar Makeup untuk MUA Private atau Master Class?-4-6

Image Source: instagram.com/andaws

Saat private, konsentrasi guru nggak terbelah antara murid satu dan yang lain. Jadi secara nggak langsung ilmu yang kita dapatkan akan lebih banyak, dan kita bisa lebih “bawel” saat sedang praktik. Kalau ada salah pun langsung dikoreksi dan akan diarahkan kembali supaya hasilnya sempurna. Selain dari menambah teknik makeup, secara nggak langsung setelah private kita jadi lebih PD saat menangani klien ke depannya. Mahal? Memang , tapi percaya deh ilmu yang didapetin akan sangat amat sebanding.

Baca Juga: Rekomendasi MUA untuk Private Class

Belajar Makeup untuk MUA Private atau Master Class?-4Image Source: Instagram.com/donnyliembeautyacademy

Jadi master class jelek dong?
Bayangin dulu ya, master class itu isinya bisa 30 hingga 40 orang peserta. Yang ngajarin makeup hanya satu orang saja, jadi kebayang nggak sesi rebutan nanya 101 dengan gurunya? Nah, biasanya sebelum kita mulai praktik makeup, kita akan diminta untuk melihat demo di panggung terlebih dahulu. Dari situ baru kita bisa mulai praktik semua teknik yang sudah diajarkan. Berdasarkan pengalaman saya ikut dua master class, ini kurang efektif. Karena ruang kita untuk nanya lebih detail, konsultasi, dan dikoreksi itu sangatlah sempit.

Jadi dari pengalaman saya belajar master class dengan Anpa Suha dan Donny Liem adalah nggak terlalu banyak momen konsul sendiri dengan sang guru. Jadi buat yang memang belum terbiasa makeup klien yang banyak DAN belum menguasai teknik (contoh; jait mata), ilmu yang diserap biasanya hanya 50-75% saja.

Jadi apakah master class jelek? Jawabannya nggak sama sekali kok. Buat saya yang cocok ikut master class adalah MUA yang sudah mulai banyak menerima klien dan ingin menajamkan skill-nya. Untuk yang masih newbie seperti saya, rasanya kurang mengena aja.

Semoga membantu, ya!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment