Teknik Jahit Mata untuk Mata Sipit

Ada yang pernah denger teknik jahit mata? Yuk, kenalan teknik makeup oriental ini.

Istilah jahit mata paling sering digunakan oleh MUA Oriental yang diaplikasikan ke klien yang memiliki mata sipit, monolid atau hooded eyes supaya matanya terlihat lebih besar dan lebih terbuka. Teknik ini dilakukan untuk mengoreksi mata sipit supaya bentuknya menjadi almond, dan memiliki ilusi lipatan mata. Makanya, untuk makeup dengan teknik seperti ini memerlukan bantuan eyelid tape dan bulu mata berlapis.

Teknik Jait Mata untuk Mata Sipit

Image: Instagram.com/donnyliem

Sebelum ke teknik, saya jelasin dulu tahapan untuk makeup mata ini ya, supaya lebih mudah dimengerti. Biasanya kan makeup mata itu selalu dimulai dari eye shadow base, eyeshadow, eyeliner, maskara dan baru bulu mata palsu. Tapi untuk teknik ini, urutannya terbalik. Jadi pertamakali yang dilakukan adalah mengaplikasikan eyeliner pada kelopak mata atas, lalu dilanjut dengan mengaplikasikan bulu mata palsu tipis. Tahap ini diulang sampai dua atau tiga kali, tergantung bentuk mata yang diigninkan. Setelah selesai memasang bulu mata, selanjutnya adalah memasang scot tape, baru ditutup dengan menggunakan eyeshadow, maskara dan eyeliner lagi untuk penutup.

Jadi di mana posisi jahit matanya? Jahit mata ini dilakukan setiap habis menggunakan bulu mata palsu. Biasanya setelah memasang bulu mata palsu, di atasnya langsung diberikan lem bulu mata lagi. Nah, setelah lem setengah kering, bagian kelopak yang sudah diberi eyeliner akan ditarik dan ditempel ke bagian ini, sampai bulu mata terlihat naik. Pokoknya bulu mata palsu posisinya tegak lurus vertikal.  Iya, awalnya bakalan kelihatan seram dan nggak natural, tapi setelah ditambahkan scot tape dan bulu mata ketiga hasilnya akan natural dan bulu mata akan “turun” ke posisi normal. Alasan kenapa harus ditempelkan keatas? Supaya ketika dipakaikan tape, mata nggak jadi turun dan mampu menopang scot tape selama berjam-jam.

Jelas ya, istilah sulam mata yang dimaksud di sini bukanlah operasi untuk bikin lipatan mata. Jadi ini adalah teknik makeup (non-permanen) untuk membuat mata jadi lebih besar. Jadi, kalau kamu punya mata sipit atau hooded, dan mengharapkan tampilan yang lebih besar, kamu bisa merasakan hasil teknik ini dengan MUA spesialis makeup Oriental. Atau, kamu berani mencoba sendiri? :D