3 Alasan Hasil Catokan Nggak Tahan Lama

Sudah usaha bangun pagi supaya bisa nyatok, tapi hasilnya cuma tahan beberapa jam? Berikut tiga alasan kenapa hasil catokan kamu susah awet!

Menjaga hasil catokan supaya tahan lama nggak hanya bergantung pada alat catoknya saja. Jenis rambut, teknik mencatok, serta bagaimana kamu memakai produk-produk rambut sebelum mencatok juga berkontribusi pada hasil akhir. Nggak cuma rambut tipis atau fine hairs aja yang hasil catokannya rentan kembali ke kondisi rambut semula, tetapi rambut yang tebal pun bisa mengalami hal yang sama.

Supaya hasil catokan kamu bisa tahan lebih lama, hindari melakukan tiga kesalahan berikut:

IMG_8939-600x400Salah Mencocokkan Hairstyle dengan Alat Catok

Lebarnya plat alat catok juga berperan penting dalam membentuk catokan dan menjaganya supaya tahan lama seharian. Plat alat catok yang bentuknya langsing cocok untuk hairstyle yang curl-nya lebih kecil, sedangkan plat alat catok yang cenderung lebar lebih cocok untuk hairstyle yang bervolume seperti habis blow-dry di salon. Karena itu, membentuk small curls dengan alat catok yang lebar nggak akan bisa bertahan semaksimal alat catok yang platnya langsing karena lengkungannya itu sendiri nggak akan se-intact jika dibuat dengan alat catok dengan plat langsing.

Lihat juga: FD Little Notes: Semua Tentang Catok Rambut

Terlalu Banyak Mengambil Bagian Rambut

Saat lagi diburu-buru waktu, kadang kita mencatok terlalu banyak bagian rambut supaya cepet selesai. Meskipun mungkin bisa menghemat waktu, tapi metode ini juga kurang efektif karena besar kemungkinan kamu harus mencatok bagian rambut yang sama berkali-kali. Jika mengambil rambut terlalu banyak, gggak semua helai rambut bisa dijangkau dengan baik dan efeknya pun nggak akan maksimal. Apalagi kalau alat catok kamu juga distribusi panasnya nggak merata.

Lihat juga: Tips Mengakali Rambut Super Kering dan Rusak

Menumpuk Terlalu Banyak Produk Rambut

Entah itu heat protector, vitamin rambut, atau styling mousse, kondisi rambut yang justru terlalu lembap akan “menghalangi” panasnya alat catok untuk bisa membentuk rambut. Alasan kenapa rambut minimal harus lembap sebelum dicatok juga karena rambut basah masih mengandung air yang akan bertabrakan dengan cara kerja alat catok. Gunakan produk-produk rambut ini¬†seperlunya, cukup untuk membuat rambut lebih lembut dan terlindungi sebelum dicatok tapi nggak membuat kamu harus mencatok berkali-kali. Jangan lupa akhiri dengan hair spray kalau kamu butuh hasil catokan ini tahan sampai dua atau tiga hari.