Jenis dan Fungsi Bedak Berbagai Tipe

Apa sih fungsi bedak sebenarnya? Untuk setting makeup? Lalu apa bedanya compact powder, loose powder dan finishing powder? Yuk, cari tahu perbedaan dari ketiga bedak ini. 

Kita yang tinggal di Indonesia rasanya nggak mungkin lepas dari bedak karena cuaca di Indonesia yang lembap dan bikin kulit cepat berminyak. Kalau sampai makeup nggak di set dengan bedak, satu jam setelahnya foundation dan concealer pasti bakalan bubar jalan. Nah, bedak sendiri dibagi menjadi tiga jenis, ada yang compact powder, loose powder dan finishing powder. Walaupun ketiganya sama-sama bedak, tapi fungsinya berbeda jauh!

Apa sih perbedaan ketiganya? Saya jelaskan di bawah, ya:

Jenis dan Fungsi Bedak

Setting / Compact Powder
Bedak ini lah yang dipakai untuk mengunci foundation di wajah. Compact atau setting powder juga memiliki sedikit coverage, karena itu beda ini lumayan ngebantu untuk menutupi bekas jerawat atau dark spot pada wajah. Karena bedak ini memiliki coverage, saya kurang menyarankan untuk digunakan touch-up di siang hari. Takutnya, kamu terlalu banyak memberikan layer coverage, yang nantinya malah bikin makeup kamu cakey.

Baca Juga: Rekomendasi Bedak Padat dari Drugstore

Jenis dan Fungsi Bedak-3

Loose Powder
Kalau butuh bedak yang ringan tapi ampuh buat menahan minyak, loose powder adalah jawabannya. Loose powder sendiri ada dua jenis, satu yang translucent dan ada yang berwarna. Untuk loose powder, biarpun ada warnaya tapi bedak ini nggak akan memberikan coverage yang signifikan. Kapan sih waktu yang tepat pakai loose powder? Kalau saya sih, pakainya setelah menggunakan foundation dan concealer. Saya pakai yang tebal dengan teknik baking, supaya hasil makeup matte dan lebih tahan lama.

Baca Juga: Bedak Tabur Bagus Wajib Coba

Jenis dan Fungsi Bedak-5

Finishing Powder
Beda dari dua powder di atas, finishing powder itu dipakainya paling terakhir dan sebagai penambah efek blurring atau glowing di wajah. Jadi finishing powder fungsinya lebih ke aksesori makeup, ketimbang untuk memberikan coverage ataupun menahan minyak berlebih pada wajah.

Biasanya finishing powder itu translucent dan lebih banyak partikel glitter atau shimmer yang bakalan bikin wajah kita mulus banget saat di foto. Selain itu, partikel finishing powder lebih halus dibandingkan compact atau loose powder. Biasanya bedak seperti ini memiliki teknologi light reflecting seperti Hourglass Ambient Lighting Powder.

Baca Juga: Bedak Dewy 100 Ribu VS 700 Ribu

Karena ketiga bedak ini memiliki fungsi yang berbeda, nggak ada salahnya kamu menumpuk ketiganya untuk hasil makeup yang maksimal. Tapi kembali lagi, harus disesuaikan dengan jenis kulit, ya. Kalau kulit kering, baiknya kamu pakai compact powder dan finishing powder saja.