5 Cara Eyeshadow Pigmented Seketika

Kalau punya eyeshadow yang kurang pigmented, jangan langsung dibuang. Gunakan cara-cara berikut untuk mendapat eyeshadow pigmented yang kamu mau.

Saya suka sekali koleksi eyeshadow palette, dan paling nggak tahan kalau lihat eyeshadow palette yang warna-warni. Tapi sejauh ini, saya belum terlalu melirik high-end palette. Selain karena memang mahal, saya juga merasa bahwa drugstore eyeshadow palette yang saya punya sudah bisa berkerja dengan baik, dan membuat saya cukup puas dengan hasilnya.

Baca juga: 4 Rekomendasi Eyeshadow Palette Warna Warni Terjangkau

eyeshadow pigmented (3)

Memang sih, meskipun ada beberapa drugstore palette yang kualitasnya bagus, tetap saja drugstore eyeshadow palette itu beda dari high-end palette yang biasanya kualitas dan konsistensinya terjamin. Kelemahan yang umum saya temui pada drugstore eyeshadow palette adalah kualitas warna yang satu dengan warna yang lain nggak konsisten. Semakin banyak warna dalam satu eyeshadow palette, semakin besar juga kemungkinan ada warna yang kualitasnya nggak sebagus warna lainnya.

Tapi jangan sedih, karena masih ada cara agar warna-warna ”gagal” tersebut bisa dipakai. Berikut adalah cara untuk memaksimalkan pigmentasi eyeshadow yang kita punya.

Pilih Eyeshadow Base Warna Kulit

Eyeshadow base dengan warna kulit, selain bisa meratakan warna kelopak mata, juga bisa membuat eyeshadow lebih pigmented dibanding ketika kita menggunakan eye primer tanpa warna. Eyeshadow base warna kulit ini misalnya adalah MAC Paint Pot Soft Ochre, Urban Decay Primer Potion Eden, dan NYX Eyeshadow Base Skintone.

Baca juga: Tips Memakai Eyeshadow Agar Rapi dan Tahan Lama

Pakai Dasar Cream Shadow Putih/ Hitam

Kalau menggunakan eyeshadow base warna kulit belum mampu mengeluarkan pigmentasi eyeshadow, maka gunakan cream eyeshadow warna putih atau hitam sebagai base eyeshadow. Cream eyeshadow warna putih untuk eyeshadow dengan warna terang, dan hitam untuk eyeshadow dengan warna gelap. Cream eyeshadow yang umum dipakai untuk cara ini adalah NYX Jumbo Eye Pencil, NYX Infinite Shadow Stick, dan The Balm Batter Up.

eyeshadow pigmented (1)

Gunakan Jari

Sering kan melihat beauty guru di Youtube melakukan hand swatch eyeshadow, dan eyeshadow yang mereka swatch terlihat sangat pigmented, tapi begitu digunakan di mata, pigmentasinya seperti menurun? Itu karena ketika mereka melakukan swatch di tangan, mereka mengambil produk dengan menggunakan jari tangan, bukan kuas. Mengambil produk dengan menggunakan jari tangan memang membuat produk yang terambil bisa lebih banyak dibanding dengan menggunakan kuas. Saya suka menggunakan cara ini, terutama untuk shimmery eyeshadow yang teksturnya terlalu creamy, seperti Colourpop Super Shock Shadow atau Morphe Brushes Eyeshadow.

Pakai Kuas Basah

Kuas yang lembap oleh air akan mampu mengangkat produk eyeshadow lebih banyak daripada kuas kering. Tapi jangan terlalu basah ya, cukup semprotkan saja sedikit air pada shader brush yang akan kita gunakan. Bila dirasa terlalu basah, swipe dengan menggunakan tisu terlebih dahulu sebelum digunakan.

Cara ini bisa dipakai bila tidak suka menggunakan jari untuk aplikasi eyeshadow. Tapi saya sendiri lebih suka menggunakan jari tangan daripada menggunakan kuas basah.

Baca juga: 3 Kesalahan Kuas Eyeshadow dan Fungsinya

Mix Eyeshadow dengan Inglot Duraline

Ini adalah cara terakhir yang saya gunakan kalau menemui eyeshadow yang bandel, sudah pakai empat cara di atas namun pigmentasinya masih mengecewakan. Eyeshadow tersebut saya ubah menjadi cream eyeshadow sebelum saya gunakan. Caranya adalah dengan mengambil sedikit bubuk eyeshadow, letakkan di mixing palette, lalu mix dengan sedikit cairan Inglot Duraline.

Cara-cara yang saya sebutkan di atas bisa digabungkan lho! Misalnya, kita bisa pakai cream eyeshadow warna putih sebagai base, lalu memakai jari untuk mengaplikasikan eyeshadow ke kelopak mata untuk mendapat eyeshadow pigmented.  Selamat mencoba ya ;).