3 Kesalahan Kuas Eyeshadow dan Fungsinya

Sudah pakai banyak warna eyeshadow, tapi gradasinya kok nggak keliatan? Mungkin ada ‘ilmu’ kuas eyeshadow dan fungsinya yang belum kamu pahami, nih. 

Ukuran Blending Brush yang Terlalu Besar

Pasti udah sering kan dengar rule “blend your eyeshadow!”. Tapi habis dibaurkan kok gradasi warnanya malah jadi nggak terlihat ya? Bisa jadi blending brush kamu terlalu besar nih. Biasanya karena udah pingin banget hasil eye makeup sama seperti beauty vlogger favorit, kita ikutan beli brushes yang dia pakai. Padahal bentuk mata kita dan si beauty vlogger itu bisa jadi berbeda.

eye-makeup-2

So, sesuaikan ya ukuran brush dengan bentuk mata kamu. Kalau lipatan mata kamu dalam, kamu bisa pakai fluffy blending brush seperti Sigma E25. Tapi kalau crease kamu nggak terlalu dalam, pilih blending brush yang ujungnya lebih kecil dan nggak terlalu fluffy seperti Essential Crease Brush dari e.l.f. Cosmetics. Baru deh kamu baurkan eyeshadow kamu with light pressure.

One Brush for All

Kalau baru mulai coba-coba makeup, biasanya masih ragu beli brush yang macam-macam. Alhasil pakai satu brush aja untuk aplikasi, blending, dan smudging deh.

5fb6a9695a5b6b180a1aa3bd89c13157

Image: Pinterest

Eye brushes banyak jenisnya karena memang udah disesuaikan dengan fungsinya. Meskipun memang ada sih eyeshadow brush yang multifungsi seperti Masami Shouko 40 yang bisa dipakai untuk aplikasi warna kelopak dan blending. Mau lebih hemat? Just use what God gave us, our fingers! 

Brush Kotor

Selain jadi sarang bakteri, brush yang kotor membuat warna eyeshadow kamu kurang keluar. Alasannya, minyak dari kelopak mata yang udah menumpuk di brush akan jadi penghalang terangkatnya pigment eyeshadow ke brush. Hasilnya eyeshadow yang harusnya pigmentasinya bagus, malah jadi kurang terlihat. Selain itu, brush yang kotor juga akan membuat warna eyeshadow bercampur dengan eyeshadow yang tersisa di brush.

pembersih-kuas-makeup-minyak-zaitun-manfaat-2

Solusinya? Mulai dari warna yang terang dulu lalu yang lebih gelap saat dandan, atau sapukan kuas di tisu/ lengan sebelum memakai warna eyeshadow baru dengan kuas yang sama. Even better, koleksi beberapa kuas eyeshadow deh kalau kamu memang hobi pakai eyeshadow. Yang terpenting, always deep cleanse your brushes at least once a month. Kamu bisa ikutin cara membersihkan kuas ini.