Mencuci Sponge makeup dengan Sabun Batang

Cara ini bisa membersihkan sponge makeup dengan efektif, tanpa membuat sponge rusak dan robek!

Sudah membaca blogpost Female Daily DIY Cleansing Palette dengan sendok nasi? Saya dari dulu juga sudah mempraktikkan hal tersebut. Sondok nasi ini juga bikin saya malas membeli cleansing palette beneran :D. Karena buat saya, pakai sendok nasi saja sudah sangat efektif membersihkan kuas-kuas makeup saya sampai bersih kok. Murah pula!

Tapi sayangnya DIY cleansing palette tersebut nggak bisa dipakai untuk membersihkan egg sponge. Saya pernah beberapa kali mencoba menggunakan sendok nasi saat membersihkan sponge makeup, dan selalu berakhir dengan sponge saya rusak atau robek. Akhirnya saya membersihkan egg sponge hanya dengan diremas-remas dengan menggunakan sabun cair. Tapi cara tersebut kurang efektif sih. Beberapa stain bekas-bekas foundation dan cream blush-on tidak bisa hilang dengan sempurna kalau hanya diremas-remas dan digosok dengan jari tangan. Hasilnya egg sponge saya jadi selalu terlihat dekil.

Baca juga: Sponge Makeup Awet Dengan Cara Ini

DIY egg sponge cleaner (2)

Sampai kemudian saya menemukan cara membersihkan egg sponge dengan menggunakan soap bar di YouTube. Saya lupa siapa yang pertama kali mempopulerkan cara ini, tapi sudah banyak beauty youtuber luar yang menggunakan cara ini. Saya rasa ide ini muncul karena terinspirasi dari penggunaan Beauty Blender Solid Cleanser.

Sabun batang yang digunakan untuk membersihkan egg sponge, bisa sabun batang apa saja sesuai seleramu. Saya sendiri selalu berganti-ganti kok, nggak pernah bertahan di satu sabun batang yang sama. Saya beli tergantung mood saja, sedang ingin sabun batang dengan aroma seperti apa. Kali ini saya memakai Zwitsal Classic Baby Soap.

Baca juga: Alasan Menggunakan Produk Bayi Untuk Kecantikan

DIY egg sponge cleaner (3)

Cara menggunakannya juga sangat mudah. Pertama, basahi dulu egg sponge kotor yang akan di cuci, dan basahi juga sabun batang yang akan digunakan. Lalu gosok-gosokan seluruh permukaan egg sponge ke sabun batang. Kalau saya lebih suka melakukan adegan gosok-menggosok ini di bawah air yang mengalir pelan. Jadi sabun batang yang saya gunakan tetap licin dan tidak merusak sponge. Konsentrasikan pada bagian-bagian yang sangat kotor/ sangat tebal noda foundation-nya. Kemudian cuci sponge di air mengalir sampai bersih dan busa sabunnya hilang. Kalau masih ada bagian yang nodanya belum hilang, cara ini bisa diulang lagi.

Cara ini buat saya sangat efektif untuk membersihkan noda-noda foundation yang menempel pada egg sponge, dan biasanya membandel atau susah dihilangkan. Cukup digosokan sebentar saja, sponge sudah kembali bersih seperti semula. Tinggal diangin-anginkan sampai kering dan kemudian siap disimpan atau digunakan kembali.

DIY egg sponge cleaner (4)

Selain itu, sabun batang juga mudah sekali dibeli di mana saja, dan harganyapun nggak mahal! Aromanya bisa disesuaikan dengan selera. Cara menyimpannya juga mudah. Setelah selesai digunakan, taruh saja di tempat sabun seperti biasa dan simpan di tempat yang kering.

Selamat mencoba ;)