Sponge Makeup Awet dengan Cara Ini

Jamur sampai kuku tangan, wajib diperhatikan agar sponge makeup awet!

Saya memang bukan fans pakai alat untuk aplikasi foundation, tapi belakangan ini lagi sering-seringnya pakai Beautyblender! Apalagi karena sebelumnya udah coba Real Techniques Miracle Sponge, yang walaupun lebih cepat bersih saat dicuci, menurut saya Beautyblender menyerap lebih sedikit foundation saat dipakai. Selain itu, kerasa banget pas lagi traveling, aplikasi foundation pakai spons memang enak karena cepat dan hasilnya rata. No cemong-cemong walau buru-buru.

“Hobi” baru pakai sponge makeup pun “nambah kerjaan”, yaitu harus rajin nyucinya juga. Saya paling anti pakai makeup tools dua kali tanpa dicuci dulu (kecuali eyeshadow brush), terutama yang dipakenya di wajah. Yang sehari-hari sering pakai sponge makeup, tahu dong kalau mencuci barang satu ini sampai bersih tuntas itu lumayan PR. Belum lagi kalau udah dicuci, artinya akan ada waktu di mana dia dalam keadaan basah; tempat bagus sarang bakteri. Nah, ini beberapa hal yang saya lakukan supaya sponge makeup lebih awet, terlepas kamu punya Beautyblender atau merek lain yang lebih murah:

mencuci-cponge-makeup-tips-1

Hindari Mencuci Pakai Kuku

Cara paling umum untuk membersihkan sponge makeup adalah dilumuri sabun dengan rata, terus diremas-remas di bawah kucuran air. Simpel sih, tapi hindari banyak kontak dengan kuku ya selama proses ini, dan bener-bener gunakan telapak tangan aja agar sponge minim sobekan kecil. Semakin lama kita pakai, pasti sponge kita akan ada tearing di sana-sini sih, tapi kalau dirawat, at least kamu nggak harus ganti sponge baru cepet-cepet, kan?

Pastikan Kering Sebelum Disimpan

Ini nih! Sering banget saya denger atau baca cerita orang yang terpaksa ngebuang sponge makeup atau Konjac Sponge bukan karena udah boncel-boncel, tapi karena jamuran *colek Dara*. Entah itu setelah dipakai, atau setelah dicuci, langsung dicemplungin ke tempat tertutup. Lama terpendam, eh pas ditengok lagi udah ada jentik-jentik gelap jamur LOL.

Sampai terciptanya produk macam Blenderelle pasti karena isu penyimpanan sponge makeup ini. So pastikan sebelum disimpan, sponge makeup dalam keadaan bersih dan kering. Kalau harus banget masuk ke tas makeup, pilih pouch yang bahannya plastik/ karet sintetis dengan lubang-lubang, agar ada sirkulasi udara masuk.

mencuci-sponge-makeup-tips-2

Langsung Cuci Setelah Pakai

I know, nggak semua orang bisa serajin ini. Tapi saya sendiri paling lama membiarkan sponge makeup dalam keadaan kotor cuma semalam. Selain masalah higienitas, biar noda foundation nggak butuh waktu lama untuk “keluar” saat di cuci. Jadi warna sponge juga selalu even dan kayak beli baru :D

Speaking of sponges, baca juga pengalaman intern FD yang nyobain sponge makeup di bawah 50 ribu, yang lumayan bisa bikin ngakak saat proses nyuci! Kamu sendiri punya tips, atau brand sponge makeup favorit? Let me know below~