Produk Kosmetik Wajib Bawa Saat Mau Melahirkan

Produk kosmetik buat dibawa sebelum bersalin? Ya, kamu nggak salah baca. Kali ini saya mau berbagi tentang produk makeup yang sangat membantu saya tetap terlihat ‘layak tampil’ saat saya melahirkan di rumah sakit bersalin tahun lalu.

Entah kenapa tiba-tiba saya random kepikiran buat nulis tentang produk makeup yang wajib dibawa saat keadaan darurat seperti misalnya mau lahiran, haha. Iya, sebagai cewek yang cukup peduli dengan penampilan, saya nggak mau pas mau lahiran, muka dan rambut saya kelihatan terlalu kucel dan ”menderita” :p Kenapa? Karena saya nggak mau pas foto sama bayi saya pertama kali, muka saya kelihatan pucat pasi meski ya pasti lelah ya habis berjuang di kamar bersalin.

Saya yakin pembaca Female Daily nggak cuma dari kalangan cewek-cewek kece yang masih single ya. Makanya saya mau berbagi melalui tulisan ini, buat ibu muda yang mau lahiran dalam waktu dekat atau mungkin berencana hamil tahun ini jadi ada bayangan produk kecantikan apa aja yang perlu dibawa dan pasti terpakai. Saya harap dulu ada yang kasih masukan ke saya soal ini, karena ya kadang suka nggak kepikiran aja bawa produk makeup apa saat kondisi ‘darurat’. By the way, tulisan saya ini juga boleh banget kamu bagikan ke temen kamu yang akan melahirkan dalam waktu dekat lho :)

Jadi apa aja alat makeup yang saya persiapkan untuk dibawa dan berguna banget selama saya di rumah sakit bersalin waktu itu? Here they are!

6401. Dry Shampoo

Ini satu-satunya produk yang sama sekali nggak kepikiran buat saya bawa padahal ternyata penting banget! Untung waktu itu ada adik ipar yang bisa saya titipin bawain ke rumah sakit. Serius, menurut saya ini penting banget, lho. Bayangin aja, yang namanya berangkat ke rumah sakit buat melahirkan itu kan biasanya dadakan ya, tanpa perencanaan. Bisa jadi ke rumah sakit kita bahkan belum keramas.

Ditambah lagi habis perjuangan melahirkan berjam-jam, rambut pasti lepek berminyak dan basah keringetan. Nah, dengan bantuan dry shampoo ini seenggaknya tampilan rambut kita jadi nggak kucel-kucel amat. Ditambah dengan kandungan fragrance-nya sangat membantu rambut kita jadi wangi secara instan. Bye bye rambut lepek!

2. BB Cushion

You can rock any bb cushion you have, cukup bawa satu yang paling cocok dan klop sama kulitmu. Ini penting buat touch up pasca lahiran biar pas ada tamu yang mendadak datang besuk, muka kita jadi keliatan lebih seger bahkan siap buat diajak foto. Karena  bentuknya yang compact dan praktis, adegan touch up kamu jadi hassle-free. Jauh-jauh lah dari produk ribet karena kamu pasti bakal capek banget, hehe.

3. Oil Absorbent Powder 

Ini penting banget, terutama buat yang kulitnya berminyak. Andalan saya buat muka bebas minyak secara instan adalah bedak Innisfree No Sebum Mineral Powder. Kenapa? Soalnya bentuknya mungil banget, nggak makan tempat dan daya nyerap minyaknya bagus banget. Udah gitu, warnanya juga transparan jadi nggak bikin muka keliatan berat. Tinggal tap-tap bedak ini di area T-Zone dan muka kita pun sukses bebas kilap.

4. Lip Tint

Percayalah, menurut saya lip tint lebih nyaman dipakai daripada lipstik matte. Soalnya tampilannya sangat ringan, natural, terus makenya pun nggak usah mikir dan serius ngaca, nempelnya pun awet tanpa kesan ‘dandan’. Saya inget banget saya pake ini pas lagi di ruang perawatan, menunggu panggilan ke ruang bersalin. Namanya udah kontraksi, ya pakenya ngasal aja, langsung oles di bibir.

Setelah selesai melahirkan dan foto selfie sama suami saya sambil meluk bayi saya yang baru lahir, saya bersyukur saya sempetin pake lip tint karena muka saya jadi kelihatan tetap ‘hidup’ dan segar di foto! Muka boleh capek ya, tapi bibir tetap merona :D

Baca juga: 3 Lip Tint Korea di Bawah Rp 60 Ribu

Daftarnya bisa lebih panjang lagi kalau kamu rajin. Tapi kalau dipikir kayaknya sih empat produk itu sudah sangat cukup dibawa dalam kondisi serba repot dan buru-buru. Kalau mau bawa pensil alis dan eyeliner juga silakan sih, saya lupa waktu itu saya bawa apa nggak, hahaha. Mau bawa blush on juga silakan, tapi waktu itu saya sama sekali nggak ada tenaga buat pegang kuas dan colek blush on lagi jadi menurut saya nggak bawa pun nggak masalah. Lip tint juga bisa kok dipakai buat gantiin blush on.

Mungkin bakal ada yang membatin dalam hati, duh, demi apa ya mau lahiran aja repot amat bawa makeup begitu. Iya, saya juga awalnya sempet mikir begitu. Tapi kebetulan karena suka nontonin video ibu-ibu di youtube yang nyaranin bawa alat makeup bahkan skincare ke rumah sakit bersalin, maka saya pun siapin produk-produk tersebut di pouch di deket koper yang akan saya angkut ke rumah sakit. Dan terbukti, semuanya terpakai dengan suksesnya.

Penting nggak sih mikir penampilan, mau lahiran begitu? Buat apa?

Ya penting penting nggak sih, buat kepuasan diri sendiri aja menurut saya. Kita sudah berjuang keras dan kemudian memasuki fase baru yang membingungkan (tapi jelas sangat membahagiakan) dalam hidup kita. Nggak ada salahnya kan tetap tampil sebagai diri kita yang peduli penampilan sebagai bentuk penghargaan terhadap diri sendiri. Tampil cantik, wangi dan rapi saat kita memasuki episode baru dalam hidup akan membantu mood kita jadi lebih baik, menjaga rasa percaya diri, photo ready dan tentunya siap menyambut siapa aja yang datang membesuk kita. Ya intinya sih bawa aja produk apapun yang membantu kamu jadi merasa nyaman dan cantik hanya pastikan nggak ribet.

Giving birth is not an easy thing, so pamper yourself properly even with the simplest stuff. And don’t worry, ladies. The happiness you’ll get when you have  your newborn baby in your arms will absolutely give you that extra glow!