Minum Kopi Bisa Bantu Atasi Jerawat?

Salah satu nasihat soal atasi jerawat yang masih saya ingat sampai sekarang adalah, “Buat apa ke dokter atau pakai skincare mahal-mahal tapi makannya nggak dijaga?”

Ups, ada benernya juga, sih. Seperti yang Netta pernah share, ada jenis-jenis makanan pemicu jerawat yang sebaiknya dihindari oleh pemilik kulit acne-prone. Meskipun respon tubuh tiap-tiap orang pasti berbeda, tetapi apa yang kita konsumsi punya peran besar dalam mempengaruhi hormon atau stress level di tubuh kita yang pastinya berkaitan erat dengan munculnya jerawat.

Nah, satu minuman yang masih menimbulkan banyak pertanyaan soal hubungannya dengan jerawat adalah kopi. Banyak banget pro-kontra soal pengaruh kopi pada kulit,

Screen Shot 2017-03-27 at 11.27.45 AMSebagai permulaan, kandungan kafein dalam kopi adalah sumber antioksidan yang juga memiliki fungsi anti-inflamasi. Berhubung jerawat adalah hasil dari inflamasi kulit, kafein sedikit banyak bisa membantu mengurangi peradangan kulit akibat jerawat. Selain itu, sebuah penelitian menemukan bahwa asam klorogenat pada kopi bisa membantu menghambat penyerapan glukosa di sistem pencernaan dan menyeimbangkan kadar insulin. Ingat kan, kadar insulin yang terlalu tinggi bisa menyebabkan cystic acne?

Biarpun mengandung banyak manfaat, tetapi ada juga efek buruk dari kopi seperti bisa membuat kulit dehidrasi dan meningkatkan hormon stress. Di beberapa orang, meminum kopi tanpa gula juga bisa memicu kita untuk craving makanan manis. Karena itu, peminum kopi juga harus mengimbangi hidrasi tubuh dengan banyak minum air putih dan hanya meminum kopi dari jam sepuluh  pagi sampai lima sore.

Alasannya? Di pagi hari, hormon stress (cortisol) kita sedang naik-naiknya di pagi hari, jadi akan lebih baik kalau kita menghindari mengonsumsi kopi di jam tersebut. Selain itu, kopi apa yang dikonsumsi juga penting diperhatikan. Kalau minumnya caramel macchiato dengan ekstra whipped cream, masalah utamanya lebih ke banyaknya kandungan gula dan susu yang bisa menaikkan kadar gula darah di tubuh.

So, kopi hitam tanpa gula dan susu adalah pilihan paling aman untuk kamu para pencinta kopi yang juga concern dengan dampaknya pada kulit. Saya sendiri lagi mencoba beralih pelan-pelan ke kopi hitam karena lumayan berasa perbedaannya di kulit. Kalau lagi ada cystic acne yang sifatnya hormonal, radangnya nggak semerah dan sebengkak waktu saya masih hobi minum latte dengan banyak susu. Walaupun begitu, ada juga sih, beberapa orang yang tetap breakout karena minum kopi hitam karena memang penyebab jerawatnya bukan faktor makanan. Jadi, semuanya tetap balik lagi ke kamu dan reaksi kulit terhadap berbagai macam makanan dan minuman.

Kamu sendiri gimana? Ada yang justru jerawatan karena minum kopi atau sebaliknya? Share di bawah, ya!